PENGARUH PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI
PENGARUH PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK DALAM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA SISWA MIS SAKTI
Oleh : Eka Yusna
A. Latar Belakang Masalah
Pelaksanaan pendidikan secara umum atau informal, dapat berlangsung dalam suatu keluarga dan masyarakat. Namun secara formal, pendidikan suatu bangsa berlangsung di sekolah. Pelaksanaan pendidikan tersebut ditujukan untuk melahirkan generasi yang tumbuh dengan bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai corak perkembangan bangsa dan negara di masa yang akan datang.
Meskipun pendidikan formal berlangsung di sekolah, namun keberhasilan pelaksanaan program pendidikan dan pengajaran tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor intern seperti motivasi, cara belajar, kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan serta faktor ekstern lingkungan sekolah, orang tua serta lingkungan masyarakat sekitar siswa.
Oleh sebab itu dalam melaksanakan pendidikan, setiap pendidik .perlu meninjau berbagai aspek yang ada pada si anak seperti bakat, intelegensia, minat, keturunan dan keadaan lingkungan (Nasution, 1984 : 36). Dengan perbedaan lingkungan sosial anak yang sangat bervariasi, maka bila guru memberikan pelajaran kepada anak juga akan membersihkan hasil yang sangat bervariasi pula.
Untuk mencapai tujuan program pelajaran yaitu peningkatan prestasi pengetahuan anak tersebut, maka aspek kehidupan sosial pada masing-masing anak didik sangat menentukan. Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap kesiapan dan peningkatan prestasi belajar anak didik adalah lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
Sebagai faktor ekstern yang berada di luar lingkungan sekolah, maka sebagai subjek pelaksana pendidikan di sekolah, kompetensi guru dalam mengelola pelaksana proses belajar mengajar haruslah benar-benar mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif tanpa membedakan latar belakang pendidikan dan pekerjaan orang tua siswa.
Sebagai faktor sosial, tingkat pendidikan orang tua akan sangat berpengaruh terhadap pola pikir dan wawasan sehubungan dengan cara membimbing atau mengarahkan anaknya dalam hal pendidikan dan peningkatan prestasi. Sedangkan jenis pekerjaan orang tua akan menentukan tingkat pendapatan yang pada gilirannya akan menentukan kemampuan setiap orang tua untuk memenuhi berbagai kebutuhan pendidikan anak. Kedua hal tersebut pada gilirannya akan sangat menentukan tingkat keberhasilan anak dalam pendidikan dan pencapaian prestasi yang lebih baik.
Dengan tidak melihat perbedaan latar belakang pendidikan dan pekerjaan orang tua siswa tersebut, setiap guru diharapkan mampu menciptakan peningkatan prestasi anak didik secara optimal ke arah pencapaian tujuan pendidikan secara keseluruhan.
Berdasarkan uraian singkat di atas, maka timbul pertanyaan apakah perbedaan tingkat pendidikan dan pekerjaan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar anak di sekolah. Untuk itu perlu kiranya diadakan suatu penelitian secara lebih khusus sehubungan dengan permasalahan pengaruh perbedaan tingkat pendidikan dan pekerjaan orang tua terhadap prestasi anak belajar anak dalam mata pekerjaan Aqidah Akhlak. Seluruh hasil penelitian tersebut akan terangkum dalam skripsi yang berjudul “Pengaruh Pendidikan Dan Pekerjaan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak” (Suatu Studi Dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Siswa Mis Sakti).
B. Rumusan Masalah
Untuk lebih mempertegas hal yang dijadikan target penelitian, maka dapat dirumuskan permasalahan sehubungan dengan judul penelitian ini yaitu : Apakah tingkat pendidikan dan pekerjaan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa MIS Sakti dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak
C. Tujuan dan Mamfaat Penelitian
Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini antara lain adalah : Untuk mengetahui apakah tingkat pendidikan dan pekerjaan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa MIS Sakti dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak.
Penelitian ini diharapkan akan memberikan mamfaat antara lain :
a. Sebagai masukan bagi guru dalam usaha meningkatkan prestasi belajar anak didik khususnya dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak.
b. Sebagai penyajian informasi kepada pihak penyelenggaraan pendidikan dan pihak lain yang tertarik sehubungan dengan permasalahan tingkat pendidikan dan pekerjaan orang tua serta pengaruhnya terhadap prestasi belajat anak.
D. Postulat dan Hipotesis
Postulat merupakan anggapan sementara sebelum melakukan penelitian sebagai jawaban dari permasalahan. Winarno Surachmad mengatakan bahwa anggapan dasar atau postulat adalah sebuah titik tolakpemikiran yang kebenarannya diterima oleh penelitian.
Sehubungan dengan hal diatas, maka yang menjadi anggapan dasar dalam penelitian ini adalah :
1. Tingkat pendidikan (pemahaman) orang tua akan pentingnya pendidikan bagi anak sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar anak terutama dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak.
2. Pekerjaan orang tua dilihat dari segi pendapatannya juga sangat menentukan prestasi belajar anak.
Hipotesis adalah jawaban sementara yang masih memerlukan pengujian kembali, dari potulat yag dikemukakan diatas, maka hipotesis penelitian ini adalah :
1. Tingkat pendidikan (pemahaman) orang tua, akan pentingnya pendidikan bagi anak di MIS Sakti, masih rendah.
2. Dilihat dari segi jenis pekerjaan, sebagian besar orang tua musrid MIS Sakti, belum mampu memenuhi kebutuhan anak dalam belajar.
E. Metode Penelitian
Pembahasan hasil penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu suatu bentuk metode penelitian dengan cara menguraikan dalam bentuk deskripsi berupa realita yang diperoleh di lapangan. Uraian deskripsi tersebut selanjutnya dianalisis, diinterprestasikan untuk selanjutnya diambil suatu kesimpulan sebagai hasil penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
Nasution, Thamrin, (1984). Problema Kenakalan Anak-anak Remaja, Penerbit P.T. Armico, Bandung
Perquin, Etal, (1982), Pengaruh Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak, Penerbit Bulan Bintang, Jakarta
Poerwadarma, (1986), Kamus Umum Bahasa Indonesia, Penerbit Balai Pustaka, Jakarta
Lubis, Arsyat M (1983), Pengaruh Sisoal Ekonomi Keluarga Terhadap Pendidikan Anak, Penerbit Bulan Bintang, Jakarta
Surachmad, Winarno, (1982), Pengantar Penelitian Ilmiah, Penerbit Tarsito, Bandung