Informasi Lainnya

Soal Latihan UKG 2017 SMA Non PNS 2017 UKG SEJARAH DAN KUNCI JAWABAN

CONTOH SOAL UKG SEJARAH SMA
DAN KUNCI JAWABAN
Soal Latihan UKG 2017 SMA Non PNS 2017 UKG SEJARAH DAN KUNCI JAWABAN

SOAL CPNS 2019

Soal Sejarah SMA

1.    Pengaruh pendidikan anak bagi perkembangan fisik adalah ...
A.    Penyediaan lingkungan yang positif dan kondusif bagi perkembangan fisik.
B.    Pemberian kesempatan untuk beraktivitas dan berpartisipasi guna menggerakkan otot dan anggota tubuh.
C.     Mengantisipasi dan menghindarkan hal-hal yang dapat mengganggu perkembangan fisik
D.    Anak memiliki konsep diri positif, walau bagaimanapun kondisi yang dimiliki.
E.     Semua jawaban benar

2.   Unsur yang menentukan perkembangan fisik motorik anak adalah....
A.    organ, saraf, dan otak
B.     otot, badan, dan otak
C.     otot, saraf, dan otak
D.    otot, saraf, dan pikiran
E.     otak, mainan edukatif

3.      Artikel dapat dikelompokkan menjadi
A.    artikel laporan dan artikel rujukan
B.     artikel konseptual dan artikel teoritis
C.     artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
D.    artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
E.     Tidak ada jawaban yang benar

4.      Alat penilaian untuk mengukur unjuk kerja seseorang dapat berupa ...
A.    tes
B.     daftar pertanyaan
C.     lembar observasi
D.    lembar wawancara
E.     Semua jawaban benar

5.      Adalah proses komunikasi dimana terjadi pembagian informasi bersama untuk mencapai suatu kesepakatan bersama, pernyataan tersebut termasuk komunikasi . . . .
A.    Linier
B.     Kontradiktif
C.     Konvergen
D.    Collective
E.     Semua jawaban salah

6.      Kelebihan soal obyektif antara lain ...
A.    materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B.     menyusunnya mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
C.     scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
D.    materi uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
E.     Ada 2 jawaban benar

7.      Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
A.    pendidikan
B.     kebudayaan
C.     pemulung
D.    informatika
E.     Semua jawaban salah


8.      Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
A.    senjata makan tuan
B.     kumbang cantik pengisap madu
C.     pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
D.    pengaruh obat bius yang menghebohkan
E.     Semua jawaban benar

9.      Aspek konstruksi yang perlu diperhatikan dalam menyusun butir soal uraian yaitu antara lain ...
A.    Pertanyaan dan jawaban yang diharapkan sesuai indikator
B.     Rumusan kalimaat harus dalam bentuk kalimat tanya
C.     Pertanyaan menuntut jawaban terurai dan ada pedoman pensekorannya
D.    Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda\
E.     Ada 2 jawaban benar

10.  Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
A.    sikap penulis
B.     panjang tulisan
C.     struktur sajian
D.    penggunaan bahasa
E.     Tidak ada jawaban benar

11.  Menurut Piaget, anak usia 7-11 tahun berpikir melalui pengalaman empirik kemudian melakukan proses induksi untuk menggeneralisasikan hasil observasinya terhadap obyek. Berdasarkan pendapat Piaget ini, maka untuk anak usia 7-11 tahun ....
A.    pembelajaran sains dapat diintegrasikan dengan pelajaran bahasa
B.     pembelajaran sains dapat diceramahkan secara rinci
C.     pembelajaran sains memerlukan alat peraga
D.    pembelajaran sains belum diperlukan
E.     Semua jawaban benar

12.  Daffa memperoleh skor tes IPA sebesar 90 . Skor maksimal dari tes tersebut adalah 120. Skor rata-rata di kelas Daffa 85, dengan simpangan baku 10. Skor z Daffa adalah ...
A.    0,5
B.     0,9
C.     3,0
D.    3,5
E.     2,5

13.  Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A.    Santosa S. Hamidjaja
B.     Mattew B. Milers
C.     Sumantri Mulyani
D.    Rabbin
E.     Semua jawaban salah

14.  Kegiatan asesmen untuk siswa SD sebagian besar dilakukan dengan cara...
A.    Melakukan tanya jawab secara langsung dengan anak
B.     Memberikan tes, baik sifatnya informal maupun yang formal
C.     Mengamati kegiatan memecahkan yang dilakukan siswa.
D.    Semuanya jawaban benar.
E.     Semua jawaban salah

15.  Skor maksimum suatu tes adalah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 77 dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya adalah ...
A.    41,5
B.     54,15
C.     56,6
D.    79,25
E.     64,25

16.  Keuntungan menggunakan PAN adalah ...
A.    dapat meningkatkan kualitas hasil belajar
B.     praktis
C.     dapat dijadikan ukuran keberhasilan pengajaran
D.    dapat mengetahui prestasi kelompok
E.     Semua jawaban benar

17.  Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
A.    Information
B.     Convergence
C.     Mutual Understanding
D.    Network Relationship
E.     Semua jawaban salah
18.  Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah adalah sebagai berikut, kecuali .....
A.    tingkat keseriusan masalah
B.     kemampuan guru untuk menangani masalah
C.     ada tidaknya mitra kolaborasi
D.    kompleks tidaknya masalah.
E.     Semua jawaban benar

19.  Suatu sekolah menetapkan kriteria ketuntasan untuk mata pelajaran Fisika adalah 70%. Jika suatu tes skor maksimumnya 80, skor rata-rata yang diperoleh siswa 65, maka skor minimal untuk lulus adalah ...
A.    45,5
B.     56
C.     65
D.    70
E.     75

20.  Kemampuan siswa yang perlu dipertimbangkan ketika menerapkan teknik penilaian proyek adalah kemampuan ...
A.    berpikir ilmiah, mulai dari penentuan topik, melakukan pengamatan, hingga penulisan laporan
B.     mendesain hasil karya
C.     memilih dan menggunakan alat di lapangan
D.    menilai hasil karya secara analitis dan holistik
E.     Semua jawaban benar

21.  Analisis soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
A.    ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B.     beberapa ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
C.     beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D.    ahli materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
E.     Ada 2 jawaban benar

22.  Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A.    Tahap pengetahuan (kowledge)
B.     Tahap bujukan (persuasion)
C.     Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D.    Tahap implementasi (implementation)
E.     Tidak ada jawaban

23.  Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut ini
A.    apa inti teori/konsep yang dibahas?
B.     mengapa konsep itu dibahas?
C.     Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
D.    Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
E.     Tidak ada jawaban benar

24.  Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . .
A.    Tujuan yang ingin dicapai
B.     Prosedur yang digunakan
C.     Kondisi normatif
D.    Struktur sosial
E.     Semua jawaban benar

25.  Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
A.    daftar pustaka
B.     abstrak
C.     daftar tabel
D.    lampiran
E.     Ada 3 jawaban benar

26.  Melatih peserta didik untuk berpikir komprehensif dari berbagai disiplin ilmu atau berbagai aspek, merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran . . . .
A.    CBSA / Cara Belajar Siswa Aktif
B.     MBS / Manajemen Berbasis Sekolah
C.     PKR / Pembelajaran Kelas Rangkap
D.    Unit / Pembelajaran Terpadu.
E.     PKR - Unit

27.  Berikut ini merupakan ciri pembelajaran inovatif.
A.    memiliki unsur keterbaruan
B.     dapat memecahkan suatu masalah
C.     memiliki unsur keterbaruan dan dapat memecahkan masalah
D.    tidak harus baru yang penting pembelajaran menjadi bervariasi
E.     Ada 2 jawaban benar

28.  Proses pemberian makna atau penetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu disebut:
A.    Pengukuran
B.     Asesmen
C.     Tes
D.    Evaluasi
E.     Semua benar

29.  Salah satu prediksi yang dapat diambil dari hasil analisis butir soal termasuk katgori sukar yaitu ....
A.    Pengecoh butir soal itu tidak berfungsi
B.     Sebagian besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan
C.     Sebagian besar siswa menjawab benar butir soal itu
D.    Butir soal itu "mungkin" salah kunci jawaban
E.     Tidak ada jawaban benar

30.  Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila ..
A.    butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B.     pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C.     materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D.    banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E.     Semua jawaban benar

31.  Kemampuan yang harus dimilki oleh lulusan dalam setiap mata pelajaran yang memiliki implikasi yang sangat signifikan dalam perencanaan, metodologi dan pengelolaan penilaian. Pernyataan tersebut merupakan pengertian yang terkandung dalam konsep :
A.    Kompetensi
B.     Standar kompetensi
C.     Kompetensi dasar
D.    Indikator pencapaian belajar.

32.  Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A.    Addition
B.     Restructuring
C.     Alternation
D.    Substitution
E.     Tidak ada jawaban

33.  Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
A.    pendidikan
B.     kebudayaan
C.     pemulung
D.    informatika
E.     Semua jawaban salah

34.  Indikator yang digunakan untuk menilai produk yang dihasilkan oleh siswa di antaranya adalah ...
A.    kerapihan, kesesuaian ukuran, kemenarikan bentuk
B.     pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam membuat produk
C.     kesesuaian produk dengan kontribusi guru
D.    kesesuaian kemampuan siswa dengan produk yang dihasilkan
E.     Semua jawaban benar

35.  Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan tentang
A.    rangkuman dan tindak lanjut
B.     simpulan umum
C.     rekomendasi penulis
D.    simpulan dan saran
E.     Ada dua jawaban benar

36.  Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
A.    catatan pelajaran siswa
B.     catatan harian sikap siswa
C.     hasil pekerjaan siswa
D.    profil perkembangan siswa
E.     Semua jawaban benar

37.  Mereka merupakan kelompok massal yang umumnya ragu-ragu terhadap pengetahuan baru adalah . . . .
A.    Late Majority
B.     Late Adopters
C.     Early Majority
D.    Early Adopters
E.     Ada 2 jawaban benar

38.  Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
A.    senjata makan tuan
B.     kumbang cantik pengisap madu
C.     pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
D.    pengaruh obat bius yang menghebohkan
E.     Semua jawaban benar

39.  Fungsi penilaian kelas antara lain adalah ...
A.    menggambarkan penguasaan konpetensi siswa
B.     memberikan umpan balik secara berkesinambungan
C.     mempertimbangkan kebutuhan khusus peserta didik
D.    meningkatkan mutu proses pembelajaran seefektif mungkin.
E.     Semua jawaban benar

40.  Fokus asesmen yang dilakukan di Sekolah Dasar adalah:
A.    Kemampuan berkomunikasi
B.     Kemampuan memecahkan masalah
C.     Pengembangan sikap
D.    Penekanan pada generalisasi.
E.     Semua jawaban salah

41.  Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat sejalan dengan pengalaman masyarakat, merupakan suatu . . . .
A.    Relative advantages
B.     Complexity
C.     Observability
D.    Compatibility
E.     Semua jawaban salah

42.  Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
A.    pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
B.     pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
C.     abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
D.    abstrak, bagian inti, penutup
E.     Semua jawaban benar

43.  Di bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhaikan dalam menelaah soal bentuk uraian kecuali ....
A.    Ada kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi
B.     Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
C.     Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
D.    Tabel atau grafik disajikan dengan jelas dan terbaca
E.     Tidak ada jawaban

44.  Dalam perkembangan anak ada masa "trotz alter 1" atau  masa "membangkang tahap 1". pada usia ....
A.    0-8 tahun
B.     0-3 tahun
C.     2-8 tahun
D.    0-5 tahun
E.     9-14 tahun

45.  Kegiatan asesmen untuk siswa SD sebagian besar dilakukan dengan cara...
A.    Melakukan tanya jawab secara langsung dengan anak
B.     Memberikan tes, baik sifatnya informal maupun yang formal
C.     Mengamati kegiatan memecahkan yang dilakukan siswa.
D.    Semuanya jawaban benar.
E.     Semua jawaban salah
46.  Kelemahan dari penilaian acuan kriteria adalah ...
A.    harus menghitung rata-rata lebih dahulu
B.     kriteria keberhasilan selalu berubah
C.     tidak dapat dijadikan ukuran untuk menilai keberhasilan pengajaran
D.    dapat terjadi semua siswa tidak lulus
E.     Semua jawaban benar

47.  Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali
A.    fakta atau kenyataan
B.     argumentasi
C.     teori yang diakui kebenarannya
D.    data empirik/hasil penelitian
E.     Semua jawaban salah

48.  Mereka yang tergolong cepat mengikuti kelompok inovator dalam adopsi inovasi adalah . . . .
A.    Inovators
B.     Early Adopters
C.     Early Majority
D.    Late Majority
E.     Tidak ada jawaban

49.  Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
A.    pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
B.     pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
C.     abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
D.    abstrak, bagian inti, penutup
E.     Semua jawaban benar

50.  Suatu proses untuk mendapatkan informasi dalam bentuk apapun tentang siswa baik yang menyangkut kurikulumnya, program pembelajarannya, iklim sekolah maupun kebijakan-kebijakan
sekolah. Pernyataan tersebut di atas sesuai dengan pengertian dari :
A.     Asesmen
B.     Evaluasi
C.     Pengukuran
D.    Tes
E.     Semua jawaban salah



Kunci jawaban Sejarah SMAS


1.          B
2.          C
3.          C
4.          A
5.          C
6.          D
7.          C
8.          C
9.          C
10.      B
11.      C
12.      A
13.      A
14.      D
15.      B
16.      D
17.      C
18.     C
19.      B
20.      C
21.      C
22.      B
23.      A
24.      D
25.      A
26.      D
27.      A
28.      D
29.      D
30.      D
31.      B
32.      B
33.      C
34.      B
35.      D
36.      A
37.      A
38.      C
39.      A
40.      D
41.      D
42.      A
43.      A
44.      C
45.      D
46.      D
47.      B
48.      B
49.      A
50.      A



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel