Informasi Lainnya

Soal Latihan UKG 2017 SMA Non PNS 2017 UKG SOSIOLOGI DAN KUNCI JAWABAN

CONTOH SOAL UKG SOSIOLOGI SMA

DAN KUNCI JAWABAN




Sosiologi SMA

1.   Sebelum pelkasanaan tindakan, guru harus mempersiapkan hal-hal berikut, kecuali...
A. daftar hadir siswa
B.  skenario tindakan
C.  sarana dan fasilitas pendukung
D.  cara analisis data
E.   Semua jawaban benar

2.   Adat yang sudah mengakar dan mentradisi merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
A.  Cultural Block
B.   Mental Block Barries
C.   Social Block
D.  System Block
E.   Cultural Social

3.   Aspek konstruksi yang perlu diperhatikan dalam menyusun butir soal uraian yaitu antara lain ...
A.    Pertanyaan dan jawaban yang diharapkan sesuai indikator
B.     Rumusan kalimaat harus dalam bentuk kalimat tanya
C.     Pertanyaan menuntut jawaban terurai dan ada pedoman pensekorannya
D.    Rumusan kalimat tidak menimbulkan penafsiran ganda\
E.     Ada 2 jawaban benar

4.      Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat diujicobakan bahan kehandalan dan kemanfaatannya merupakan suatu . . . .
A.     Relative advantages
B.     Compatibility
C.     Trialability
D.    Complexity
E.     Semua jawaban benar


5.   Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
A.    Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
B.     Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.
C.     Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
D.    Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.
E.     Tidak ada jawaban
6.      Fungsi utama dari penerapan penilaian portofolio adalah ...
A.    mengumpulkan hasil karya siswa
B.     meningkatkan rasa saling percaya
C.     mengetahui peningkatan kemampuan siswa
D.    menilai hasil belajar siswa
E.     Semua jawaban benar

7.      Ciri utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun 2000-an adalah . . . .
A.    Pembelajaran Kelas Rangkap
B.     Lesson Study
C.     PAKEM
D.    CBSA
E.     Tidak ada jawaban benar

8.      Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
A.    sistematika tulisan
B.     panjang tulisan
C.     ragam bahasa yang digunakan
D.    pengarang
E.     Ada 3 jawaban benar

9.      Kelebihan dari alat penilaian berupa check-list adalah ...
A.    penilaiannya mutlak
B.     subjek yang dinilai lebih terbatas
C.     pedoman penilaian lengkap
D.    lebih praktis
E.     Semua jawaban benar

10.  Salah satu prediksi yang dapat diambil dari hasil analisis butir soal termasuk katgori sukar yaitu ....
A.    Pengecoh butir soal itu tidak berfungsi
B.     Sebagian besar siswa telah memahami materi yang ditanyakan
C.     Sebagian besar siswa menjawab benar butir soal itu
D.    Butir soal itu "mungkin" salah kunci jawaban
E.     Tidak ada jawaban benar

11.  Suatu proses untuk mendapatkan informasi dalam bentuk apapun tentang siswa baik yang menyangkut kurikulumnya, program pembelajarannya, iklim sekolah maupun kebijakan-kebijakan sekolah. Pernyataan tersebut di atas sesuai dengan pengertian dari :
A.    Asesmen
B.     Evaluasi
C.     Pengukuran
D.    Tes
E.     Semua jawaban salah

12.  Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A.    Addition
B.     Restructuring
C.     Alternation
D.    Substitution
E.     Tidak ada jawaban

13.  Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
A.    pendidikan
B.     kebudayaan
C.     pemulung
D.    informatika
E.     Semua jawaban salah

14.  Analisis soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
A.    ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B.     beberapa ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
C.     beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D.    ahli materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
E.     Ada 2 jawaban benar

15.  Kegiatan asesmen untuk siswa SD sebagian besar dilakukan dengan cara...
A.    Melakukan tanya jawab secara langsung dengan anak
B.     Memberikan tes, baik sifatnya informal maupun yang formal
C.     Mengamati kegiatan memecahkan yang dilakukan siswa.
D.    Semuanya jawaban benar.
E.     Semua jawaban salah

16.  Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A.    Santosa S. Hamidjaja
B.     Mattew B. Milers
C.     Sumantri Mulyani
D.    Rabbin
E.     Semua jawaban salah

17.  Kemampuan siswa yang perlu dipertimbangkan ketika menerapkan teknik penilaian proyek adalah kemampuan ...
A.    berpikir ilmiah, mulai dari penentuan topik, melakukan pengamatan, hingga penulisan laporan
B.     mendesain hasil karya
C.     memilih dan menggunakan alat di lapangan
D.    menilai hasil karya secara analitis dan holistik
E.     Semua jawaban benar

18.  Fungsi penilaian kelas antara lain adalah ...
A.    menggambarkan penguasaan konpetensi siswa
B.     memberikan umpan balik secara berkesinambungan
C.     mempertimbangkan kebutuhan khusus peserta didik
D.    meningkatkan mutu proses pembelajaran seefektif mungkin.
E.     Semua jawaban benar

19.  Ciri utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun 2000-an adalah . . . .
A.    Pembelajaran Kelas Rangkap
B.     Lesson Study
C.     PAKEM
D.    CBSA
E.     Tidak ada jawaban benar

20.  Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A.    Heterofil
B.     Homofil
C.     Holomofil
D.    Homogen
E.     Ada 2 jawaban benar

21.  Penilaian yang mengacu pada rata-rata kelompok disebut ...
A.    PAK
B.     PAN
C.     PAG
D.    PAP
E.     PUK

22.  Melakukan kajian terhadap kemungkinan pro – kontra atau kajian terhadap masyarakat yang menerima atau menolak, merupakan adopsi inovasi pada tahap . . . .
A.    Design
B.     Evaluation
C.     Trial
D.    Wareness Interest
E.     Trial Evaluation

23.  Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
A.    senjata makan tuan
B.     kumbang cantik pengisap madu
C.     pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
D.    pengaruh obat bius yang menghebohkan
E.     Semua jawaban benar

24.  Unsur yang menentukan perkembangan fisik motorik anak adalah....
A.    organ, saraf, dan otak
B.     otot, badan, dan otak
C.     otot, saraf, dan otak
D.    otot, saraf, dan pikiran
E.     otak, mainan edukatif

25.  Rambu-rambu penilaian kelas yang perlu ditaati guru ketika melaksanakan penilaian adalah ...
A.    fokuskan pada satu strategi penilaian
B.     gunakan satu teknik penilaian tertentu
C.     padukan penilaian dengan kegiatan belajar mengajar
D.    gunakan format tertentu untuk mencatat hasil belajar siswa
E.     Semua jawaban benar

26.  Cara pemecahan masalah yang dipilih harus sesuai dengan hal-hal berikut kecuali .....
A.    kondisi lingkungan sekolah
B.     jumlah siswa dalam kelas
C.     waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
D.    sarana dan fasilitas yang tersedia.
E.     Semua jawaban benar

27.  Yang tidak termasuk kegiatan mempersiapkan observasi adalah ...
A.    Menentukan siapa yang akan mengobservasi
B.     Mewawancarai siswa yang hendak kita observasi
C.     Menentukann kegiatan atau tindakan yang akan diobservasi
D.    Menentukan rencana sampling
E.     Semua jawaban salah

28.  Mereka yang tergolong cepat mengikuti kelompok inovator dalam adopsi inovasi adalah . . . .
A.    Inovators
B.     Early Adopters
C.     Early Majority
D.    Late Majority
E.     Tidak ada jawaban

29.  Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A.    Tahap pengetahuan (kowledge)
B.     Tahap bujukan (persuasion)
C.     Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D.    Tahap implementasi (implementation)
E.     Tidak ada jawaban

30.  Referensi memuat semua rujukan yang
A.    pernah dibaca penulis
B.     perlu dibaca pembaca
C.     dimuat dalam badan tulisan
D.    diperlukan dalam pengembangan tulisan
E.     Semua jawaban benar

31.  Daffa memperoleh skor tes IPA sebesar 90 . Skor maksimal dari tes tersebut adalah 120. Skor rata-rata di kelas Daffa 85, dengan simpangan baku 10. Skor z Daffa adalah ...
A.    0,5
B.     0,9
C.     3,0
D.    3,5
E.     2,5

32.  Berikut ini merupakan ciri pembelajaran inovatif.
A.    memiliki unsur keterbaruan
B.     dapat memecahkan suatu masalah
C.     memiliki unsur keterbaruan dan dapat memecahkan masalah
D.    tidak harus baru yang penting pembelajaran menjadi bervariasi
E.     Ada 2 jawaban benar

33.  Berikut ini merupakan cakupan penilaian ranah afektif, kecuali :
A.    Mencatat (Recording )
B.     Menerima (Receiving)
C.     Menjawab (Responding)
D.    Menilai (Valuing)
E.     Semua jawaban salah

34.  Keuntungan menggunakan PAN adalah ...
A.                        dapat meningkatkan kualitas hasil belajar
B.                        praktis
C.                        dapat dijadikan ukuran keberhasilan pengajaran
D.                        dapat mengetahui prestasi kelompok
E.                         Semua jawaban benar

35.  Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
A.    Information
B.     Convergence
C.     Mutual Understanding
D.    Network Relationship
E.     Semua jawaban salah

36.  Tulisan analisis konseptual terdiri dari
A.    judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
B.     judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
C.     judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
D.    judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
E.     Tidak ada jawaban benar

37.  Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalam bekerja ilmiah.
(1) melaksanakan percobaan
(2) menarik kesimpulan
(3) merencanakan percobaan
(4) mengajukan hipotesis
(5) merumuskan masalah
(6) mengolah data
Urutan kegiatan dalam bekerja ilmiah adalah ....
A.    (1), (2), (3), (4), (5), (6)
B.     (4), (5), (3), (1), (6), (2)
C.     (5), (3), (1), (6), (4), (2)
D.    (5), (4), (3), (1), (6), (2)
E.      Semua jawaban salah

38.  Pemilihan penggunaan kata dan kalimat yang tidak provokatif dalam laporan atau artikel merupakan salah satu contoh upaya untuk menjaga kualitasdari aspek
A.    panjang tulisan
B.     nada tulisan
C.     gaya tulisan
D.    bahasa tulisan
E.     Semua jawaban salah

39.  Pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan (bantuan) pada saat anak berada dalam perkembangannya. Pandangan dari ....
A.    Helen Parkhust
B.     Kak Seto
C.     John Dewey
D.    Montessori
E.     Ki Hajar Dewantara

40.  Di bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhaikan dalam menelaah soal bentuk uraian kecuali ....
A.    Ada kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi
B.     Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
C.     Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
D.    Tabel atau grafik disajikan dengan jelas dan terbaca
E.     Tidak ada jawaban

41.  Kelebihan soal obyektif antara lain ...
A.    materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B.     menyusunnya mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
C.     scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
D.    materi uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
E.     Ada 2 jawaban benar

42.  Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
A.    memaparkan bidang ilmu tertentu
B.     merupakan deskripsi suatu kejadian
C.     menggunakan gaya bahasa resmi
D.    disajikan secara sistematis
E.     Semua jawaban salah

43.  Daffa memperoleh skor tes IPA sebesar 90 . Skor maksimal dari tes tersebut adalah 120. Skor rata-rata di kelas Daffa 85, dengan simpangan baku 10. Skor z Daffa adalah ...
A.    0,5
B.     0,9
C.     3,0
D.    3,5
E.     2,5

44.  Rekomendasi untuk judul adalah
A.    8-10 kata
B.     10-12 kata
C.     12-15 kata
D.    15-30 kata
E.     30-50 kata

45.  Portofolio sangat tepat digunakan untuk asesmen oleh guru, Terutama sekali :
A.    Selama pembelajaran berlangsung
B.     Ketika akan dimulai pembelajaran
C.     pada saat psnkoran
D.    Jawaban benar semua
E.     Jawaban salah semua

46.  Salah satu dari tiga pertanyaan yang harus dijawab di bagian pendahuluan adalah berikut ini
A.    apa inti teori/konsep yang dibahas?
B.     mengapa konsep itu dibahas?
C.     Apa kesimpulan yang dapat ditarik?
D.    Apa tindak lanjut yang perlu dilakukan?
E.     Tidak ada jawaban benar

47.  Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
A.    kelayakan ide untuk dipublikasikan
B.     wacana tentang ide yang sedang berkembang
C.     kesiapan ide untuk didiskusikan
D.    persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
E.     Ada 2 jawaban yang benar

48.  Rambu-rambu penilaian kelas yang perlu ditaati guru ketika melaksanakan penilaian adalah ...
A.    fokuskan pada satu strategi penilaian
B.     gunakan satu teknik penilaian tertentu
C.     padukan penilaian dengan kegiatan belajar mengajar
D.    gunakan format tertentu untuk mencatat hasil belajar siswa
E.     Semua jawaban benar

49.  Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
A.    Information
B.     Convergence
C.     Mutual Understanding
D.    Network Relationship
E.     Semua jawaban salah

50.  Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila ..
A.    butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B.     pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C.     materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D.    banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E.     Semua jawaban benar


Kunci jawaban sosiologi SMA


1.          A
2.          A
3.          C
4.          C
5.          D
6.          C
7.          C
8.          A
9.          C
10.      D
11.      A
12.      B
13.      C
14.      C
15.      D
16.      A
17.      C
18.      A
19.      C
20.      A
21.      B
22.      B
23.      C
24.      C
25.      C
26.      B
27.      B
28.      B
29.      B
30.      C
31.      A
32.      A
33.      A
34.      D
35.      C
36.      B
37.      D
38.      B
39.      D
40.      A
41.      D
42.      B
43.      A
44.      B
45.      D
46.      A
47.      A
48.      C
49.      C
50.      D



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel