RPP SMP Materi Pokok : Cerita Fabel
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) Nomor 16
Cerita Fabel
Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Mata Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok : Cerita Fabel
Alokasi Waktu : 4 Pertemuan ( 10 JP )
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3:Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.16 Menelaah struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
4.16 Memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD 3.16
3.16.1 Menentukan struktur teks fabel/legenda
3.16.2 Melengkapi struktur teks fabel/legenda
3.16.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks fabel/legenda(kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.
KD 4.16
4. 16.1 Mengubah teks fabel/legenda menjadi naskah drama
4. 16.2 Memerankan fabel
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
· Struktur teks fabel/legenda:
o Orientasi
o Komplikasi
o Resolusi
o koda
· Teknik penggambaran tokoh
· Pemeranan isi fabel/legenda daerah setempat
2. Materi pembelajaran pengayaan
· Struktur teks fabel/legenda:
o Orientasi
o Komplikasi
o Resolusi
o koda
· Teknik penggambaran tokoh
· Pemeranan isi fabel/legenda daerah setempat
3. Materi pembelajaran remedial
· Struktur teks fabel/legenda:
o Orientasi
o Komplikasi
o Resolusi
o koda
· Pemeranan isi fabel/legenda daerah setempat
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan pertama: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Peserta didik mengamati gambar hewan dan mengajak siswa untuk mengagumi kebesaran Tuhan melalui keindahan ciptaan-Nya.
2) Peserta didik diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya.
3) Peserta didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu menentukan struktur teks fabel.
4) Peserta didik menerima penyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5) Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1. Peserta didik mengamati mengamati tabel tentang “Gajah yang Baik Hati” dipandu oleh guru.
2. Peserta didik bertanya jawab tentang fabel yang diamatinya.
3. Peserta didik menggali informasi tentang karakteristik orientasi, komplikasi, dan resolusi pada fabel.
4. Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami struktur teks fabel yang telah disajikan, yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi pada fabel.
5. Guru membimbing peserta didik dalam melengkapi struktur teks fabel.
6. Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah yang dilakukan.
7. Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Peserta didik bersama guru menyimpulkan struktur fabel.
2) Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3) Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali struktur fabel.
4) Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh struktur fabel di majalah, koran, atau di buku.
5) Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
2. Pertemuan kedua (2 JP )
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Peserta didik menyampaikan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab bersama guru.
2) Peserta didik menerima kompetensi yang akan dicapai, yaitu mengidentifikasi unsur kebahasaan teks fabel/legenda(kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung struktur fabel.
4) Peserta didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5) Peserta didik menerima menyampaikan lingkup penilaian, yaitu sikap dan pengetahuan.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1. Peserta didik mengamati teks fabel yang diberikan oleh guru.
2. Peserta didik mempertanyakan unsur kebahasaan teks fabel/legenda(kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung struktur fabel.
3. Secara berelompok, peserta didik unsur kebahasaan teks fabel/legenda(kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan kalimat tidak langsungstruktur fabel
4. Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Peserta didik difasilitasi guru membuat butir-butir simpulan tentang variasi teks fabel.
2) Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3) Peserta didik menerima penyampaian umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali variasi teks fabel.
4) Peserta didik menerima tugas dari guru tentang tugas variasi teks fabedi majalah, koran, atau di buku.
5) Peserta didik menerima penyampaian kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
3. Pertemuan ketiga: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Peserta didik mengamati gambar hewan dan mengajak siswa untuk mengagumi kebesaran Tuhan melalui keindahan ciptaan-Nya.
2) Peserta didik diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya.
3) Peserta didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu menentukan struktur teks fabel.
4) Peserta didik menerima penyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5) Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1) Peserta didik membaca fabel tentang “Cici dan Srigala”.
2) Peserta didik bertanya jawab tentang fabel yang dibacanya.
3) Peserta didik menggali informasi tentang drama.
4) Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami teks drama.
5) Guru membimbing peserta didik dalam menyusun teks drama.
6) Secara berkelompok, peserta didik merubah teks fabel menjadi naskah drama.
7) Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah yang dilakukan.
8) Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Peserta didik bersama guru menyimpulkan naskah drama..
2) Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3) Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali naskah drama.
4) Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh naskah drama fabel di majalah, koran, atau di buku.
5) Peserta didik menerima penyampain guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
4. Pertemuan ketiga: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Peserta didik mengamati gambar hewan dan mengajak siswa untuk mengagumi kebesaran Tuhan melalui keindahan ciptaan-Nya.
2) Peserta didik diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya.
3) Peserta didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu menentukan struktur teks fabel.
4) Peserta didik menerima penyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5) Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1) Peserta didik bertanya jawab tentang naskah drama.
2) Peserta didik merencanakan pemeranan fabel
3) Guru membimbing peserta didik dalam memerankan drama fabel.
4) Secara berkelompok, peserta didik memerankan drama fabel di depan kelas
5) Setiap kelompok saling menilai pemeranan dengan rubrik yang disediakan
serta memberi tanggapan atau komentar.
6) Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah yang dilakukan.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Peserta didik bersama guru menyimpulkan naskah drama..
2) Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3) Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali naskah drama.
4) Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh naskah drama fabel di majalah, koran, atau di buku.
5) Peserta didik menerima penyampain guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
7) Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c. Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.
2. Instrumen Penilaian
Pertemun Pertama
a. Instrumen jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun pelajaran : 2016/2017
‘No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
a. Istrumen jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun pelajaran : 2016/2017
No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
b. Instrumen Uraian
Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal yang mengikutinya!
Pedoman Penilaian
Kisi-Kisi Penilaian Tes Uraian dan Kinerja
Nama Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun pelajaran : 2016/2017
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No. | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Teknik Penilaian |
1. | 3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. 4.7 Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar. | Ciri tujuan isi, dan bahasa laporan Hasil Observasi Informasi isi laporan Hasil Observasi Laporan hasil Observasi Menulis laporan | 1. Tentukan ciri tujuan dan isi , dan bahasa teks laporan hasil observasi! 2. Tentukanlah informasi isi, kalimat definisi, kalimat untuk klasifikasi, kalimat rincian dalam teks laporan hasil observasi! 3. Tentukalah gagasan pokok setiap paragraf laporan hasil bservasi! 4. Simpulkanlah teks laporan hasil observasi! | tes uraian tes uraian tes uraian kinerja |
Rubrik Penskoran kinerja
No. | Aspek yang Dinilai | Skor | |
1 | Benar ketiga unsur ciri ( tujuan, isi, bahasa) Benar dua unsur ciri Benar satu unsur ciri | 3 2 1 | 3 |
2 | Benar menentukan informasi isi Benar klasifikasi Kalimat rinci | 1 1 1 | 3 |
3 | Benar mengungkapkan bagian difinisi Benar mengungkapkan bagian klasifikasi Benar mengungkapkan deskripsi bagian | 2 2 2 | 6 |
4 | Benar mengungkapkan ide pokok masing-masing paragraf paragraph | 0-4 | 4 |
Menentukan gagasan utama | 0-4 | 4 | |
Skor maksimum | | 20 |
1. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
i. Pembelajaran ulang
Menulis bersama bagian-bagian teks laporan hasil observasi.
ii. Bimbingan perorangan
Penentuan gagasan utama
Penentuan gagasan penunjang
Penentuan gagasan utama
b. Pembelajaran Pengayaan
Menyimpulkan teks laporan hasil observasi
G. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
a. Teks laporan hasil observasi rumpang
b. Pias kata/kalimat
2. Bahan
a. Kertas manila 5 lembar
b. Kertas post it 5 warna
c. Kertas hvs sejumlah siswa
3. Sumber Belajar
a. Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud, halaman 122 s.d.166
b. Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
c. Permendiknas No. 50 Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan”.
d. https://carapedia.com/tempat_wisata_alam_jawa_barat_info1888.html, diunduh 26 Januari 2016
Petunjuk
1. Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang untuk mendiskusikan dan menganalisis okumen SKL, KI, KD, Silabus, danPedoman Mata Pelajaran.
2. Bacalah sub stansi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
3. Bacalah sub stansi Kompetensi Inti (KI) Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah pada setiap jenjang kelas.
4. Bacalah sub stans iKompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah pada setiap jenjang kelas sesuai mata pelajaran yang diampu.
5. Bacalah sub stansi Silabus Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah pada setiap jenjang kelas sesuai mata pelajaran yang diampu.
6. Lakukan identifikasi dalam setiap komponen Silabus Kurikulum 2013dan berikan catatan kritis yang dapat digunakan untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
7. Gunakan Tabel 2.1.a sebagai panduan untuk bekerja.
8. Presentasikan hasil analisis kelompok Anda dan kelompok yang lain dapat memberikan masukan, agar dapat menghasilkan kesepakatan bersama dalam memahami Analisis Dokumen: SKL, KI, KD, Silabus, dan Pedoman Mata Pelajaran.
0 Response to "RPP SMP Materi Pokok : Cerita Fabel"
Post a Comment