Informasi Lainnya

RPP SMP Materi Pokok : Cerita Fabel



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) Nomor 16

Cerita Fabel

Sekolah                                   :  SMP NEGERI 4 SAKTI
Mata Pelajaran                      :  Bahasa Indoesia
Kelas/Semester                      :  VII/Genap
Materi Pokok                         :  Cerita Fabel
Alokasi Waktu                       :  4 Pertemuan ( 10 JP )

A.      Kompetensi Inti (KI)
  KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  KI-3:Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar
3.16 Menelaah  struktur dan kebahasaan fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
4.16 Memerankan isi fabel/legenda   daerah setempat yang dibaca dan didengar.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi   (IPK)
KD 3.16  

3.16.1    Menentukan struktur  teks  fabel/legenda
3.16.2    Melengkapi struktur  teks  fabel/legenda
3.16.3    Mengidentifikasi  unsur kebahasaan teks fabel/legenda(kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.

 KD 4.16
         4. 16.1  Mengubah teks fabel/legenda menjadi naskah drama
         4. 16.2  Memerankan fabel

D.    Materi Pembelajaran 
1.      Materi pembelajaran regular
·         Struktur  teks fabel/legenda: 
o   Orientasi
o   Komplikasi
o   Resolusi
o   koda
·         Teknik penggambaran tokoh
·         Pemeranan isi fabel/legenda daerah setempat

2.      Materi pembelajaran pengayaan
·         Struktur  teks fabel/legenda: 
o   Orientasi
o   Komplikasi
o   Resolusi
o   koda
·         Teknik penggambaran tokoh
·         Pemeranan isi fabel/legenda daerah setempat

3.      Materi pembelajaran remedial
·         Struktur  teks fabel/legenda: 
o   Orientasi
o   Komplikasi
o   Resolusi
o   koda
·         Pemeranan isi fabel/legenda daerah setempat

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan pertama: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)   Peserta didik mengamati gambar hewan dan mengajak siswa untuk mengagumi kebesaran Tuhan melalui keindahan ciptaan-Nya.
2)    Peserta didik diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya.
3)    Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu menentukan struktur teks fabel.
4)    Peserta didik menerima penyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5)    Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1.      Peserta didik mengamati mengamati tabel tentang “Gajah yang Baik Hati dipandu oleh guru.
2.      Peserta didik bertanya jawab tentang fabel yang diamatinya.
3.      Peserta didik menggali informasi tentang karakteristik orientasi, komplikasi, dan resolusi pada fabel.
4.      Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami struktur  teks  fabel yang telah disajikan, yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi pada fabel.
5.      Guru membimbing peserta didik dalam melengkapi  struktur teks fabel.
6.      Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah yang dilakukan.
7.      Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.

c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1)    Peserta didik bersama guru menyimpulkan   struktur fabel.
2)    Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3)    Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali struktur fabel.
4)    Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh struktur fabel di majalah, koran, atau di buku.
5)    Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.

2.                 Pertemuan kedua (2 JP )
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Peserta didik menyampaikan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab bersama guru.
2)    Peserta didik menerima kompetensi yang akan dicapai, yaitu mengidentifikasi  unsur kebahasaan teks fabel/legenda(kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung struktur fabel.
4)    Peserta didik menerima penyampaian  garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5)    Peserta didik menerima menyampaikan lingkup penilaian, yaitu sikap dan pengetahuan.

b. Kegiatan Inti (60 menit)
1.         Peserta didik mengamati teks fabel yang diberikan oleh guru.
2.         Peserta didik mempertanyakan unsur kebahasaan teks fabel/legenda(kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung struktur fabel.
3.      Secara berelompok, peserta didik unsur kebahasaan teks fabel/legenda(kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan kalimat tidak langsungstruktur fabel
4.      Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.
c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1)    Peserta didik difasilitasi guru membuat butir-butir simpulan tentang  variasi teks fabel.
2)    Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3)    Peserta didik menerima penyampaian umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali variasi teks fabel.
4)    Peserta didik menerima tugas dari guru tentang  tugas variasi teks fabedi majalah, koran, atau di buku.
5)    Peserta didik menerima penyampaian kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.

3.      Pertemuan ketiga: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)   Peserta didik mengamati gambar hewan dan mengajak siswa untuk mengagumi kebesaran Tuhan melalui keindahan ciptaan-Nya.
2)    Peserta didik diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya.
3)    Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu menentukan struktur teks fabel.
4)    Peserta didik menerima penyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5)    Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1)      Peserta didik membaca fabel tentang “Cici dan Srigala.
2)      Peserta didik bertanya jawab tentang fabel yang dibacanya.
3)      Peserta didik menggali informasi tentang drama.
4)      Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami teks drama.
5)      Guru membimbing peserta didik dalam menyusun teks drama.
6)      Secara berkelompok, peserta didik merubah teks fabel menjadi naskah drama.




7)      Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah yang dilakukan.
8)      Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.

c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1)    Peserta didik bersama guru menyimpulkan   naskah drama..
2)    Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3)    Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali naskah drama.
4)    Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh naskah drama fabel di majalah, koran, atau di buku.
5)    Peserta didik menerima penyampain guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.

4.      Pertemuan ketiga: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)   Peserta didik mengamati gambar hewan dan mengajak siswa untuk mengagumi kebesaran Tuhan melalui keindahan ciptaan-Nya.
2)    Peserta didik diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya.
3)    Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu menentukan struktur teks fabel.
4)    Peserta didik menerima penyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5)    Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1)      Peserta didik bertanya jawab tentang naskah drama.
2)      Peserta didik merencanakan pemeranan fabel
3)      Guru membimbing peserta didik dalam memerankan drama fabel.
4)      Secara berkelompok, peserta didik memerankan drama fabel di depan kelas
5)      Setiap kelompok saling menilai pemeranan dengan rubrik yang disediakan
serta memberi tanggapan atau komentar.
6)      Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah yang dilakukan.

c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1)    Peserta didik bersama guru menyimpulkan   naskah drama..
2)    Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3)    Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali naskah drama.
4)    Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh naskah drama fabel di majalah, koran, atau di buku.
5)    Peserta didik menerima penyampain guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.

7)      Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b.      Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.       Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.


2.      Instrumen Penilaian
Pertemun Pertama
a.       Instrumen jurnal

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial


Nama Sekolah      : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester     : VII/Genap
Tahun pelajaran    : 2016/2017

‘No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap


























a.      Istrumen jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester     : VII/Genap
Tahun pelajaran    : 2016/2017

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap





















b.   Instrumen Uraian

Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal yang mengikutinya!










Pedoman Penilaian
Kisi-Kisi Penilaian Tes Uraian dan Kinerja

                                 Nama Sekolah      : SMP NEGERI 4 SAKTI
                                 Kelas/Semester      : VII/Genap
                                Tahun pelajaran      : 2016/2017
                                Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia

No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik
Penilaian
1.
 3.7  Mengidentifikasi informasi dari   teks laporan hasil observasi berupa buku  pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.






4.7   Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar.


Ciri tujuan isi, dan bahasa laporan Hasil Observasi
Informasi isi
laporan Hasil Observasi




Laporan hasil Observasi


Menulis laporan

1. Tentukan ciri   
    tujuan dan  isi , dan
    bahasa teks laporan
    hasil  observasi!
2. Tentukanlah informasi
    isi, kalimat definisi,  
    kalimat untuk   
    klasifikasi, kalimat
    rincian  dalam teks
    laporan hasil
    observasi!
3. Tentukalah gagasan  
    pokok setiap paragraf    
    laporan  hasil bservasi!    
   
4. Simpulkanlah teks    
    laporan    hasil   
    observasi!


tes uraian



tes uraian






tes uraian



kinerja

                    Rubrik Penskoran kinerja

No.
Aspek yang Dinilai
Skor

1



Benar ketiga unsur ciri ( tujuan, isi, bahasa)
Benar dua unsur ciri
Benar satu unsur ciri
    3
    2
    1
3
2
Benar menentukan informasi isi
Benar klasifikasi
Kalimat rinci
    1
    1
    1
3
3
Benar mengungkapkan  bagian difinisi
Benar mengungkapkan  bagian klasifikasi
Benar mengungkapkan deskripsi bagian
    2
    2
    2
6
4
Benar mengungkapkan ide pokok masing-masing paragraf   paragraph
0-4
4
Menentukan gagasan utama

0-4

4
Skor maksimum

20

1.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
                                    i.      Pembelajaran ulang
Menulis bersama bagian-bagian teks laporan hasil observasi.
                                  ii.      Bimbingan perorangan
Penentuan gagasan utama
Penentuan gagasan penunjang
Penentuan gagasan utama
b.         Pembelajaran Pengayaan
   Menyimpulkan  teks laporan hasil observasi

G.  Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Media/alat
a.       Teks laporan hasil observasi rumpang
b.      Pias kata/kalimat

2.      Bahan
a.       Kertas manila 5 lembar
b.      Kertas post it 5 warna
c.       Kertas hvs sejumlah siswa

3.      Sumber Belajar
a.          Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud, halaman 122 s.d.166
b.         Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
c.          Permendiknas No. 50  Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan”.
d.         https://carapedia.com/tempat_wisata_alam_jawa_barat_info1888.html, diunduh 26 Januari 2016
LembarKerja (Kode: LK 2.1.a)



Petunjuk
1.      Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang untuk mendiskusikan dan menganalisis okumen SKL, KI, KD, Silabus, danPedoman Mata Pelajaran.
2.      Bacalah sub stansi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
3.      Bacalah sub stansi Kompetensi Inti (KI) Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah pada setiap jenjang kelas.
4.      Bacalah sub stans iKompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah pada setiap jenjang kelas sesuai mata pelajaran yang diampu.
5.      Bacalah sub stansi Silabus Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah pada setiap jenjang kelas sesuai mata pelajaran yang diampu.
6.      Lakukan identifikasi dalam setiap komponen Silabus Kurikulum 2013dan berikan catatan kritis yang dapat digunakan untuk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
7.      Gunakan Tabel 2.1.a sebagai panduan untuk bekerja.
8.      Presentasikan hasil analisis kelompok Anda dan kelompok yang lain dapat memberikan masukan, agar dapat menghasilkan kesepakatan bersama dalam memahami Analisis Dokumen: SKL, KI, KD, Silabus, dan Pedoman Mata Pelajaran.





0 Response to "RPP SMP Materi Pokok : Cerita Fabel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel