Informasi Lainnya

RPP SMP Materi Pokok : Teks Fabel /Legenda



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) Nomor 15
Teks Fabel /Legenda

                                      Sekolah                     : SMP NEGERI 4 SAKTI
                                      Mata pelajaran        : Bahasa Indonesia
                                      Materi Pokok           : Teks Fabel /Legenda
                                      Kelas/Semester         : VII/Genap
                                      Alokasi Waktu         : 10 JP (2x Pertemuan)

A. Kompetensi Inti (KI)

KI  1    :Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3     :Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4     :Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar (KD)
3.15 Mengidentifikasi informasi tentang fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar.
4.15  Menceritakan kembali isi cerita fabel/legenda daerah setempat yang dibaca/didengar.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
KD 3.15
3.15.1.  Mengidentifikasi ciri teks  fabel/legenda
3.15.2.  Mendata/menandai unsur kebahasaan teks fabel/legenda (kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.
3.15.3.  Mengidentifikasi unsur instrinsik yang terdapat dalam teks fabel/legenda.
KD 4.15
4.15.1.  Mengurutkan teks fabel/legenda berdasarkan data yang tersedia.
4.15.2.  Menyusun teks fabel/legenda dengan memperhatikan ketepatan struktur teks (orientasi, komplikasi, resolusi, koda).
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
a. Teks Fabel/Legenda
b. Ciri Teks Fabel/Legenda
c. Unsur kebahasaan teks fabel/legenda (kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.
d. Unsur instrinsik yang terdapat dalam teks fabel/legenda.
e. Langkah-langkah mengurutkan teks fabel/legenda.
f. Menyusun teks fabel/legenda dengan memperhatikan ketepatan struktur teks (orientasi, komplikasi, resolusi, koda).

2. Materi Pembelajaran Remedial
a. Teks Fabel/Legenda
b. Ciri Teks Fabel/Legenda
c.  Unsur kebahasaan teks fabel/legenda (kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.
d. Unsur instrinsik yang terdapat dalam teks fabel/legenda.
e. Langkah-langkah mengurutkan teks fabel/legenda.
f. Menyusun teks fabel/legenda dengan memperhatikan ketepatan struktur teks (orientasi, komplikasi, resolusi, koda).
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
a. Teks Fabel/Legenda
b. Ciri Teks Fabel/Legenda
c.  Unsur kebahasaan teks fabel/legenda (kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.
d. Unsur instrinsik yang terdapat dalam teks fabel/legenda.
e. Langkah-langkah mengurutkan teks fabel/legenda.
f. Menyusun teks fabel/legenda dengan memperhatikan ketepatan struktur teks  (orientasi, komplikasi, resolusi, koda).
g. Penerapkan teks fabel/legenda dalam kehidupan nyata.
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama (2JP)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.      Siswa dan guru mempersiapkan kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan menanyakan peserta didik yang tidak hadir .
2.      Guru membangun hubungan dengan peserta didik.
3.      Guru membangun konteks dengan menayangkan video kehidupan binatang.
4.      Peserta didik bertanya dengan kata Tanya 5W+1H tentang kehidupan binatang versi peserta didik.
5.      Peserta didik mengungkapkan pentingnya mengamati perilaku binatang dan mengaitkannya dengan kehidupan manusia.
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mempelajari KD.

b.Kegiatan Inti (100 menit)
1.      Peserta didik membaca teks fabel/legenda yang terdapat pada buku siswa.
2.      Peserta didik mengidentifikasi ciri bahasa fabel/legenda yang telah dibaca secara berkelompok, yaitu penggunaan (kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung)
3.      Peserta didik secara berkelompok mengurutkan teks fabel/legenda berdasarkan data yang tersedia.
4.      Peserta didik mendiskusikan hasil temuan dalam kelompoknya masing-masing.
5.      Peserta didik menukarkan hasil kerjanya dengan kelompok lain.
6.      Peserta didik secara berkelompok membuktikan temuan simpulan sementara tentang ciri kebahasaan (kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung)
7.      Peserta didik secara berkelompok mengurutkan teks fabel/legenda berdasarkan data yang tersedia.
8.      Peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas.
9.      Peserta didik menanggapi hasil kerja kelompok yang presentasi tentang ciri kebahasaan (kata ganti, kata kerja, konjungsi, kalimat langsung dan kalimat tidak langsung),.dan urutan teks fabel/legenda

c. Kegiatan Penutup (10 menit)
  1. Pendidik memberikan penguatan tentang kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
  2. Peserta didik dan pendidik merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
  3. Pendidik menyampaikan pembelajaran yang akan datang
  4. Peserta didik dan Pendidik menutup kegiatan dengan salam dan doa

2.      Pertemuan kedua (2 JP)
a.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.       Peserta  didik dengan dipimpin temannya bersama guru melakukan doa bersama sebelum pembelajaran dimulai.
2.       Peserta didik diajak pendidik mengingat suasana komunikasi di keluarga (Ayah, Ibu, Kakak, dan Adik) untuk membangun hubungan antara pendidik dan peserta didik.
3.       Peserta didik diarahkan pendidik untuk membentuk kelompok dengan anggota 3-5 orang.
4.       Peserta didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang teks fabel/legenda dengan menanyakan cerita yang pernah mereka baca.
5.       Peserta didik menerima informasi tentang tujuan dan manfaat pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik.

b.   Kegiatan Inti (100 menit)
1.      Peserta didik secara berkelompok  mengidentifikasi unsur instrinsik yang terdapat dalam teks fabel yang telah didramatisasikan sesuai struktur teks  fabel.
2.      Peserta didik secara berkelompok mendata isi tiap bagian struktur teks,mulai orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda  .
3.      Peserta didik secara berkelompok mendata kata atau kalimat yang merupakan jawaban dari pertanyaan teks, dan mendata bagian teks yang bisa dipakai sebagai dasar untuk menyusun pertanyaan teks.
4.      Peserta didik secara berkelompok mendata kalimat yang merupakan bagian struktur teks yang urut.
5.      Peserta didik secara berkelompok merangkai kalimat yang menggambarkan isi cerita moral/ fabel berdasarkan data yag diperoleh.
6.      Peserta didik secara berkelompok menjawab pertanyaan bacaan yang tertulis di buku paket halaman    dan sekaligus menyusun pertanyaan dari data yang sudah didapat.
7.      Peserta didik menukarkan hasil kepada kelompok lain untuk dicocokkan bersama tentang:
a. Isi tiap bagian struktur teks,mulai orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda  .
b. Jawaban dari pertanyaan teks dan  menyusun pertanyaan teks.
c. Mengurutkan bagian struktur teks sesuai dengan urutan yang benar.
8.      Salah satu kelompok menyampaikan hasil simpulan jawaban yang benar di depan kelas, kelompok lain menyempurnakan.

c. Kegiatan Penutup (10 menit)
  1. Pendidik memberikan penguatan tentang kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
  2. Peserta didik dan pendidik merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
  3. Pendidik menyampaikan pembelajaran yang akan datang
  4. Peserta didik dan Pendidik menutup kegiatan dengan salam dan doa

F.Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian sikap sosial  dilakukan dengan teknik observasi/jurnal
b. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis
c. Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja

2. Instrumen Penilaian
Pertemuan pertama
1.      Penilaian Sikap Sosial
a.       Instrumen Jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah             : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester            : VII / Genap
Tahun Pelajaran           : 2016/2017
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Prilaku
Butir Sikap
1




2




3




4




2.      Penilaian Pengetahuan
b.      Instrumen Uraian
Bacalah Teks berikut dengan seksama kemudian kerjakan soal yang mengikutinya!
                                                Sesama Saudara Harus Berbagi
Suatu pagi indah dengan matahari yang cerah, Pak Tua Rusa mengunjungi kediaman keluarga Pip Si Tupai di sebuah desa.
“Pagi, Ibu Tupai,” salam pak Tua Rusa kepada ibu Pip. Kemarin, keponakanku mengunjungiku. Dia membawakan oleh-oleh yang cukup banyak. Aku ingin membaginya untuk para sahabatku. Ini kacang kenari special untuk keluargamu.”
“Terimakasih, Pak Tua Rusa,” ucap ibu Pip.
Sepeninggal pak Tua Rusa, ibu Pip masuk ke dalam rumah dan memanggil anak-anaknya. “Anak-anak, lihat kita punya apa? Kalian harus membaginya sama rata, ya.”
“Asyiik,” girang Pip dan adik-adiknya.
“Ibu taruh sini, ya.”
Setelah itu, ibu tupai mengurus rumah kediamannya. Sementara itu adik-adik Pip ingin mencicipi kacang itu.
“Ini aku bagi” kata Pip. Dari sepuluh butir kacang, dia memberi adiknya masing-masing dua butir. “Ini sisanya untukku, Aku kan paling besar.”
“Tapiii…Ibu kan pesan untuk membagi rata,” kata Titu, salah satu adik kembar Pip, didiringi tangisan Puti, kembar satunya.
Mendengar tangisan Puti, ibu Pip keluar dan bertanya. Sambil terisak, Puti menceritakan keserakahan kakaknya.
“Tak boleh begitu, Pip. Ibu tadi sudah bilang apa,” tegur ibu Pip. “Kamu tidak boleh serakah.”
“Tapi Buu, aku kan lebih besar. Perutku juga lebih besar,” sanggah Pip.
Ibu Pip berpikir sejenak. “Baiklah,Pip. Kamu memang lebih besar. Kebutuhan makananmu juga lebih banyak. Tapi, kalau Cuma menuruti keinginan dan perut, kita akan terus merasa tidak cukup.”
“Kalau begitu, Ibu saja yang membagi ya? Memang tidak akan memuaskan semuanya. Ini, Ibu beri empat untukmu, Pip, karena kau lebih besar. Dan si kembar kalian masing-masing mendapat tiga.”
“Kalian harus mau berbagi ya, anak-anak. Walau menurut kalian kurang, ini adalah rezeki yang harus disyukuri,” lanjut Ibu Pip.
“Berarti enak dong, Bu, jadi anak yang lebih besar. Selalu mendapat lebih banyak,” iri Puti.
“Ya, tapi perbedaannya tak terlalu banyak, kan?” Lagipula kakakmu memiliki tugas yang lebih banyak darimu. Dia harus mengurus rumah dan mencari makan. Apa kau mau bertukar tugas dengan Kak Pip?” Tanya Ibunya.

Puti dan Titu membayangkan tugas-tugas Pip. Lalu mereka kompak menggeleng.
“Nah begitu. Sesama saudara harus akur ya, harus berbagi. Jangan bertengkar hanya karena masalah sepele,” kata Ibu Pip.
“Iya, Bu,” angguk Pip. “Yuk, kita makan kacangnya bersama,” ajak Pip pada kedua adiknya. Ibu Pip tersenyum melihat anak-anaknya kembali rukun.
                                                            Sumber : Kompas, Minggu,1 Maret 2015.
                                                                        Penulis : A’amrizka Dyan Rahmasari
Pedoman  penilaian Pengetahuan ( KD 3.15)

Aspek yang dinilai
Benar semuanya
Benar sebagian
Tidak ada yang benar

3
2
1

1.      Mengidentifikasi ciri teks fabel
-          Rangkaian peristiwa




2.      Unsur Kebahasaan  teks cerita fabel
·         Kata kata ganti
·         Kata kerja
·         Konjungsi
·         Kalimat langsung
·         Kalimat tidak langsung




Perolehan Skor



Nilai =
--------------------
X Skor ideal (4)
= NA


Skor Maksimal (9)




Pedoman  penilaian Keterampilan ( KD 4.15)




Perolehan Skor


Nilai =
--------------------
X    Skor ideal (4)
= NA


Skor Maksimal (16)



1.   Media, alat, dan bahan
              Poster/video/guntingan teks fabel           
              LCD
              Laptop

2.      Sumber  Belajar
a.       Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta: Balai Bahasa. 
b.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan.  Kelas VII . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. hlm.195 s.d 210.
c.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013b. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. hlm.  108 s.d 109
d.      Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
e.       Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.2010. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

           Mengetahui,                                                             
Kepala SMP N 4 Sakti                                                      Guru Mata Pelajaran
                                                                                                  B.Indonesia



           Drs.SURIA                                                                          M.HARUN A.Md
NIP : 196009141983021001                                      NIP : 195812311982031099


0 Response to "RPP SMP Materi Pokok : Teks Fabel /Legenda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel