Informasi Lainnya

Soal Latihan UKG 2017 SMA Non PNS 2017 UKG PJOK/PENJAS DAN KUNCI JAWABAN


CONTOH SOAL UKG PJOK/PENJAS SMA

DAN KUNCI JAWABAN


Soal Latihan UKG 2017 SMA Non PNS 2017 UKG PJOK/PENJAS DAN KUNCI JAWABAN



1.  Analisis soal secara kualitatif sangat baik karena setiap soal dilihat oleh ....
A.    ahli bidang studi secara mendalam walaupun tidak memerlukan pehitungan
B.     beberapa ahli secara bersama-sama dalam diskusi didasarkan materinya
C.     beberapa ahli yang berkompeten dalam kaidah penulisannya
D.    ahli materi dengan menggunakan perhitungan yang sederhana
E.     Ada 2 jawaban benar

2.   Mereka yang tergolong cepat mengikuti kelompok inovator dalam adopsi inovasi adalah . . . .
A.    Inovators
B.     Early Adopters
C.     Early Majority
D.    Late Majority
E.     Tidak ada jawaban

3.      Pengaruh pendidikan anak bagi perkembangan fisik adalah ...
A.    Penyediaan lingkungan yang positif dan kondusif bagi perkembangan fisik.
B.     Pemberian kesempatan untuk beraktivitas dan berpartisipasi guna menggerakkan otot dan anggota tubuh.
C.     Mengantisipasi dan menghindarkan hal-hal yang dapat mengganggu perkembangan fisik
D.    Anak memiliki konsep diri positif, walau bagaimanapun kondisi yang dimiliki.
E.     Semua jawaban benar

4.      Melakukan kajian terhadap kemungkinan pro – kontra atau kajian terhadap masyarakat yang menerima atau menolak, merupakan adopsi inovasi pada tahap . . . .
A.    Design
B.     Evaluation
C.     Trial
D.    Wareness Interest
E.     Trial Evaluation

5.      Penilaian yang mengacu pada rata-rata kelompok disebut ...
A.    PAK
B.     PAN
C.     PAG
D.    PAP
E.     PUK

6.      Di bawah ini merupakan aspek konstruksi yang harus diperhaikan dalam menelaah soal bentuk uraian kecuali ....
A.    Ada kesesuaian antara materi yang ditanyakan dengan kompetensi
B.     Menggunakan kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban uraian
C.     Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
D.    Tabel atau grafik disajikan dengan jelas dan terbaca
E.     Tidak ada jawaban

7.      Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
A.    resmi
B.     baku
C.     impersonal
D.    personal
E.     Semua jawaban benar

8.      Referensi memuat semua rujukan yang
A.    pernah dibaca penulis
B.     perlu dibaca pembaca
C.     dimuat dalam badan tulisan
D.    diperlukan dalam pengembangan tulisan
E.     Semua jawaban benar

9.      Berikut ini merupakan manfaat dari penilaian kelas, kecuali ...
A.    memberikan umpan balik bagi siswa
B.     mendiagnosis kesulitan belajar siswa
C.     memberikan umpan balik bagi guru
D.    mengontrol perkembangan siswa
E.     Semua jawaban salah

10.  Fanatism daerah yang kurang terkontrol, merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
A.    Cultural Block
B.     Mental Block Barries
C.     Social Block
D.    System Block
E.     Social System

11.  Salah satu prinsip penilaian adalah reliabel. Salah satu upaya untuk menjamin reliabilitas suatu alat penilaian adalah ...
A.    alat penilaian diujikan pada orang yang sama
B.     alat penilaian diujikan pada orang yang berbeda
C.     petunjuk pelaksanaan harus jelas
D.    perlu alat penilain pembanding yang berbeda
E.     Semua jawaban benar

12.  Fokus asesmen yang dilakukan di Sekolah Dasar adalah:
A.    Kemampuan berkomunikasi
B.     Kemampuan memecahkan masalah
C.     Pengembangan sikap
D.    Penekanan pada generalisasi.
E.     Semua jawaban salah

13.  Tahap komunikasi untuk penyandaran terhadap masyarakat yang diharapkan dapat mengadopsi inovasi yang ditawarkan merupakan adopsi inovasi pada tahap . . . .
A.    Design
B.     Evaluation
C.     Trial
D.    Wareness Interest
E.     Wareness Trial

14.  Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . .
A.    Addition
B.     Restructuring
C.     Alternation
D.    Substitution
E.     Tidak ada jawaban

15.  Adanya saling pemahaman dalam komunikasi konvergen termasuk ke dalam komunikasi . . . .
A.    Information
B.     Convergence
C.     Mutual Understanding
D.    Network Relationship
E.     Semua jawaban salah

16.  Portofolio sangat tepat digunakan untuk asesmen oleh guru, Terutama sekali :
A.    Selama pembelajaran berlangsung
B.     Ketika akan dimulai pembelajaran
C.     pada saat psnkoran
D.    Jawaban benar semua
E.     Jawaban salah semua

17.  Dalam perkembangan anak ada masa "trotz alter 1" atau  masa "membangkang tahap 1". pada usia .
A.    0-8 tahun
B.     0-3 tahun
C.     2-8 tahun
D.    0-5 tahun
E.     9-14 tahun

18.  Berikut ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah
A.    Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
B.     Memfasilitasi siswa menemukan konsep sendiri seperti proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
C.     Memfasilitasi siswa menerima konsep agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D.    Memfasilitasi siswa untuk membuktikan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami konsep itu.
E.     Semua jawaban benar

19.  Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah adalah sebagai berikut, kecuali .....
A.    tingkat keseriusan masalah
B.     kemampuan guru untuk menangani masalah
C.     ada tidaknya mitra kolaborasi
D.    kompleks tidaknya masalah.
E.     Semua jawaban benar

20.  Menurut Piaget, anak usia 7-11 tahun berpikir melalui pengalaman empirik kemudian melakukan proses induksi untuk menggeneralisasikan hasil observasinya terhadap obyek. Berdasarkan pendapat Piaget ini, maka untuk anak usia 7-11 tahun ....
A.    pembelajaran sains dapat diintegrasikan dengan pelajaran bahasa
B.     pembelajaran sains dapat diceramahkan secara rinci
C.     pembelajaran sains memerlukan alat peraga
D.    pembelajaran sains belum diperlukan
E.     Semua jawaban benar


21.  Berikut ini merupakan komponen penilaian portofolio, kecuali ...
A.    catatan pelajaran siswa
B.     catatan harian sikap siswa
C.     hasil pekerjaan siswa
D.    profil perkembangan siswa
E.     Semua jawaban benar

22.  Pernyataan dibawah ini merupakan beberapa keunggulan dari penilaian berbasis kelas, kecuali :
A.    Siswa tidak sekedar dilatih memilih jawaban yang telah tersedia, tetapi lebih dituntut untuk dapat mengeksplorasi dan memotivasi diri untuk mengarahkan potensi dirinya.
B.     Pengumpulan informasi tentang siswa dapat dilakukan dengan menggunakan variasi cara dan berkesinambungan.
C.     Hasil belajar siswa tidak untuk dibandingkan dengan hasil belajar siswa lain ataupun prestasi kelompok, tetapi dengan prestasi atau kemampuan yang dimiliki sebelumnya.
D.    Penilaian dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai, sehingga sangat praktis bagi guru.
E.     Tidak ada jawaban

23.  Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
A.    memaparkan bidang ilmu tertentu
B.     merupakan deskripsi suatu kejadian
C.     menggunakan gaya bahasa resmi
D.    disajikan secara sistematis
E.     Semua jawaban salah

24.  Alat penilaian untuk mengukur unjuk kerja seseorang dapat berupa ...
A.    tes
B.     daftar pertanyaan
C.     lembar observasi
D.    lembar wawancara
E.     Semua jawaban benar

25.  Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat sejalan dengan pengalaman masyarakat, merupakan suatu
A.    Relative advantages
B.     Complexity
C.     Observability
D.    Compatibility
E.     Semua jawaban salah
26.  Dalam perkembangan anak ada masa "trotz alter 1" atau  masa "membangkang tahap 1". pada usia
A.    A.0-8 tahun
B.     B.0-3 tahun
C.     C.2-8 tahun
D.    D.0-5 tahun
E.     E.9-14 tahun

27.  Kemampuan yang harus dimilki oleh lulusan dalam setiap mata pelajaran yang memiliki implikasi yang sangat signifikan dalam perencanaan, metodologi dan pengelolaan penilaian. Pernyataan tersebut merupakan pengertian yang terkandung dalam konsep :
A.    A.Kompetensi
B.     B.Standar kompetensi
C.     C.Kompetensi dasar
D.    D.Indikator pencapaian belajar.

28.  Penilaian yang mengacu pada rata-rata kelompok disebut ...
A.    PAK
B.     PAN
C.     PAG
D.    PAP
E.     PUK

29.  Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan . . . .
A.    Tahap pengetahuan (kowledge)
B.     Tahap bujukan (persuasion)
C.     Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D.    Tahap implementasi (implementation)
E.     Tidak ada jawaban

30.  Penilaian sikap lebih sulit dilakukan, karena ...
A.    A.sumber kesalahan bersumber pada subjek yang dinilai
B.     B.stabilitas emosi subjek yang dinilai
C.     C.indikator perilaku sangat banyak jumlahnya
D.    D.reliabilitasnya bergantung pada variabel perilaku yang relevan
E.     E.Semua jawaban benar

31.  Berikut ini merupakan ciri pembelajaran inovatif.
A.    memiliki unsur keterbaruan
B.     dapat memecahkan suatu masalah
C.     memiliki unsur keterbaruan dan dapat memecahkan masalah
D.    tidak harus baru yang penting pembelajaran menjadi bervariasi
E.     Ada 2 jawaban benar

32.  Kelebihan dari alat penilaian berupa check-list adalah ...
A.    penilaiannya mutlak
B.     subjek yang dinilai lebih terbatas
C.     pedoman penilaian lengkap
D.    lebih praktis
E.     Semua jawaban benar

33.  Soal dikatakan tidak dapat membedakan kelompok siswa pandai dengan kelompok siswa kurang pandai apabila ..
A.    butir soal memiliki 2 kunci jawaban sehingga daya pembedanya 1,0
B.     pengecoh tidak berfungsi sehingga daya pembedanya 1,0
C.     materi yang ditanyakan terlalu sulit sehingga daya pembedanya 1,0
D.    banyak siswa yang menebak sehingga daya pembedanya 0
E.     Semua jawaban benar

34.  Fokus asesmen yang dilakukan di Sekolah Dasar adalah:


A.    Kemampuan berkomunikasi
B.     Kemampuan memecahkan masalah
C.     Pengembangan sikap
D.    Penekanan pada generalisasi.
E.     Semua jawaban salah

35.  Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A.    merencanakan penilaian secara bertahap dan terus menerus
B.     menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C.     menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor
D.    menggunakan teknik penilaian yang beragam
E.     Ada 3 jawaban benar

36.  Penilaian yang mengacu pada rata-rata kelompok disebut ...
A.    PAK
B.     PAN
C.     PAG
D.    PAP
E.     PUK

37.  Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . .
A.    Tujuan yang ingin dicapai
B.     Prosedur yang digunakan
C.     Kondisi normatif
D.    Struktur sosial
E.     Semua jawaban benar

38.  Fanatism daerah yang kurang terkontrol, merupakan salah satu contoh hambatan yang timbul dalam inovasi pendidikan pada bidang . . . .
A.    Cultural Block
B.     Mental Block Barries
C.     Social Block
D.    System Block
E.     Social System
39.  Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah?
A.    senjata makan tuan
B.     kumbang cantik pengisap madu
C.     pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
D.    pengaruh obat bius yang menghebohkan
E.     Semua jawaban benar

40.  Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
A.    daftar pustaka
B.     abstrak
C.     daftar tabel
D.    lampiran
E.     Ada 3 jawaban benar

41.  Salah satu hal yang harus dihindari pada saat menulis hasil penelitian adalah
A.    menjelaskan partisipan
B.     menulis masalah yang sudah pernah dibahas
C.     memecah satu penelitian menjadi beberapa artikel
D.    melaporkan korelasi yang dibahas dalam penelitian

42.  Portofolio sangat tepat digunakan untuk asesmen oleh guru, Terutama sekali :
A.    Selama pembelajaran berlangsung
B.     Ketika akan dimulai pembelajaran
C.     pada saat psnkoran
D.    Jawaban benar semua
E.     Jawaban salah semua

43.  Agar dapat melakukan penilaian secara objektif, seorang guru harus ...
A.    merencanakan penilaian secara bertahap dan terus menerus
B.     menuangkan seluruh domain pada setiap kompetensi dasar
C.     menyusun kriteria yang jelas dalam pemberian skor
D.    menggunakan teknik penilaian yang beragam
E.     Ada 3 jawaban benar

44.  Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai pembeda adalah
A.    sistematika tulisan
B.     panjang tulisan
C.     ragam bahasa yang digunakan
D.    pengarang
E.     Ada 3 jawaban benar

45.  Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalambekerja ilmiah.
1.      melaksanakan percobaan
2.      menarik kesimpulan
3.      merencanakan percobaan
4.      mengajukan hipotesis
5.      merumuskan masalah
6.      mengolah data
       Urutan kegiatan dalam bekerja ilmiah adalah ....
A.    (1), (2), (3), (4), (5), (6)
B.     (4), (5), (3), (1), (6), (2)
C.     (5), (3), (1), (6), (4), (2)
D.    (5), (4), (3), (1), (6), (2)
E.     Semua jawaban salah

46.  Artikel dapat dikelompokkan menjadi
A.    artikel laporan dan artikel rujukan
B.     artikel konseptual dan artikel teoritis
C.     artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
D.    artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
E.     Tidak ada jawaban yang benar

47.  Berikut ini yang merupakan ciri pembelajaran sains yang baik adalah
A.    Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep dalam kehidupan sehari-hari.
B.     Memfasilitasi siswa menemukan konsep sendiri seperti proses yang biasa dilakukan ilmuwan.
C.     Memfasilitasi siswa menerima konsep agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
D.    Memfasilitasi siswa untuk membuktikan konsep yang tertulis di buku, sehingga mereka memahami konsep itu.
E.     Semua jawaban benar

48.  Ciri utama dari inovasi dalam pendidikan adalah kekhasan, kebaharuan, terencana dan mempunyai tujuan. Salah satu contoh dari penerapan bidang pendidikan tahun 2000-an adalah . . . .
A.    Pembelajaran Kelas Rangkap
B.     Lesson Study
C.     PAKEM
D.    CBSA
E.     Tidak ada jawaban benar

49.  Skor maksimum suatu tes adalah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 77 dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya adalah ...
A.    41,5
B.     54,15
C.     56,6
D.    79,25
E.     64,25
F.      Jawaban: B

50.  Berikut ini merupakan cakupan penilaian ranah afektif, kecuali :
A.    Mencatat (Recording )
B.     Menerima (Receiving)
C.     Menjawab (Responding)
D.    Menilai (Valuing)
E.     Semua jawaban salah

51.  Kelebihan soal obyektif antara lain ...
A.    materi uji luas, menyusunnya mudah, dan scoringnya cepat
B.     menyusunnya mudah, materi uji luas, dan dapat digunakan berulang
C.     scoringnya cepat, menyusunnya mudah, dan dapat digunakan berulang
D.    materi uji luas, scoringnya cepat dan dapat digunakan berulang
E.     Ada 2 jawaban benar

52.  Sampai sejauh mana suatu inovasi dapat diujicobakan bahan kehandalan dan kemanfaatannya merupakan suatu . . . .
A.    Relative advantages
B.     Compatibility
C.     Trialability
D.    Complexity
E.     Semua jawaban benar

53.  Penilaian yang mengacu pada rata-rata kelompok disebut ...
A.    PAK
B.     PAN
C.     PAG
D.    PAP
E.     PUK

54.  Kegiatan laboratorium yang diharapkan dalam pembelajaran sains diselenggarakan untuk ....
A.    Memfasilitasi siswa untuk menerapkan konsep
B.     Memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep
C.     Memfasilitasi siswa untuk membuktikan rumus
D.    Memfasilitasi siswa untuk menghafal rumus
E.     Semua jawaban benar

55.  Skor maksimum suatu tes adalah 100. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 77 dengan standar baku 9. Batas lulus idealnya adalah ...
A.    41,5
B.     54,15
C.     56,6
D.    79,25
E.     64,25

56.  Kapan tahapan observasi dilakukan?
A.    mulai sebelum pelaksanaan
B.     pada saat pelaksanaan tindakan
C.     setelah pelaksanaan tindakan
D.    semua jawaban benar
E.     semua jawaban salah

57.  Cara pemecahan masalah yang dipilih harus sesuai dengan hal-hal berikut kecuali .....
A.    kondisi lingkungan sekolah
B.     jumlah siswa dalam kelas
C.     waktu yang tersedia dalam jadwal pelajaran
D.    sarana dan fasilitas yang tersedia.
E.     Semua jawaban benar

58.  Tulisan analisis konseptual terdiri dari
A.    judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
B.     judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
C.     judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
D.    judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
E.     Tidak ada jawaban benar

59.  Mengaitkan berbagai struktur dan hubungan antar manusia dalam organisasi untuk inovasi pendidikan termasuk ke dalam . . . .
A.    Tujuan yang ingin dicapai
B.     Prosedur yang digunakan
C.     Kondisi normatif
D.    Struktur sosial
E.     Semua jawaban benar

Kunci Jawaban Soal PJOK SMA


1.      C
2.      B
3.      B
4.      B
5.      B
6.      A
7.      B
8.      C
9.      D
10.  C
11.  C
12.  D
13.  D
14.  B
15.  C
16.  D
17.  C
18.  A
19.  C
20.  C
21.  A
22.  D
23.  B
24.  A
25.  D
26.  C
27.  B
28.  B
29.  B
30.  D
31.  A
32.  C
33.  D
34.  D
35.  C
36.  B
37.  D
38.  C
39.  C
40.  A
41.  C
42.  D
43.  C
44.  A
45.  D
46.  C
47.  A
48.  C
49.  B
50.  A
51.  D
52.  C
53.  B
54.  A
55.  B
56.  D
57.  B
58.  B
59.  D



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel