RPP SMP Materi Pokok : Belajar Nilai-Nilai dari Puisi Rakyat
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) Nomor 14
Belajar Nilai-Nilai dari Puisi Rakyat
Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Mata Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester : VII/GENAP
Materi Pokok : Belajar Nilai-Nilai dari Puisi Rakyat
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan (10 JP)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.
4.14 Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD 3.14
3.14.1 Peserta didik mampu menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam).
3.14.2 peserta didik mampu membandingkan persamaan struktur puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam).
3.14.3 peserta didik mampu membandingkan perbedaan struktur puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam).
3.14.4 Peserta didik mampu mendaftar kata atau kalimat yang digunakan pada puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam).
4.14.1 Peserta didik mampu menulis puisi rakyat dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan kaidah puisi rakyat
4.14.2 peserta didik mampu menyajikan puisi rakyat dalam bentuk musikalisasi.
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran reguler
· Pola pengembangan isi pantun, gurindam, dan syair
· Variasi kalimat perintah, saran, ajakan, larangan dalam pantun
· Menulis puisi rakyat dari objek sekitar yang diamati
· Mendemontrasikan puisi rakyat dalam bentuk demontrasi
2. Materi pembelajaran pengayaan
· Pola pengembangan isi pantun, gurindam, dan syair
· Variasi kalimat perintah, saran, ajakan, larangan dalam pantun
· Menulis puisi rakyat dari objek sekitar yang diamati
· Mendemontrasikan puisi rakyat dalam bentuk demontrasi
3. Materi pembelajaran remedial
· Pola pengembangan isi pantun, gurindam, dan syair
· Variasi kalimat perintah, saran, ajakan, larangan dalam pantun
· Menulis puisi rakyat dari objek sekitar yang diamati
· Mendemontrasikan puisi rakyat dalam bentuk demontrasi
E. Kegiatan Pembelajaran
· Pertemuan pertama: 3 JP (Pertemuan Kedua)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1. Peserta didik memberi salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2. Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelummya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3. Peserta didik menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Peserta didik menerima penyampaian lingkup penilaian.
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1. Peserta didik secara berkelompok membaca pantun nasihat.
2. Peserta didik mengamati pantun nasihat yang dibacakan.
3. Peserta didik bertanya jawab tentang ciri pantun yang dibacakan .
4. Peserta didik bertanya jawab tentang ide dalam langkah membuat pantun.
5. Peserta didik dipandu guru menata ide menjadi dua larik (dengan bunyi awal dan bunyi akhir yang berbeda).
6. Peserta didik membuat larik sampiran yang berhubungan dengan isi.
7. Peserta didik membuat larik isi yang berhubungan dengan sampiran.
8. Menata kembali/ larik dengan rima dari kosakata yang berima sama.
9. Peserta didik menata pantun secara logis.
10. Peserta didik membacakan pantun dan ditempelkan di kertas dan dipajang di depan kelas.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran
2) Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3) Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenai
Menulis pantun.
4) Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh pantun lain.
5) Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b. Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.
2. Instrumen Penilaian
Pertemun Pertama
a. Instrumen jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Sekolah : SMP NEGERI 2 P.Pidie
Mata Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester : VII/GENAP
Materi Pokok : Belajar Nilai-Nilai dari Puisi Rakyat
No | Waktu | Nama Peserta didik | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Ket. |
| Senin, 6 Agustus 2016 | Emond | mengerjakan tugas | Jujur | Sosial |
| Senin, 7 Agustus 016 | Nurlail | ya terbaik | Tab | Sosial |
| Senin, 8 Agustus 2016 | Rima | melihat tugas teman lainnya | Jujur | Sosial |
| Kamis, 9 Agustus 2016 | Maryani | dalam an | TangguJawab | Sosial |
Pedoman Penilaian
Kisi-Kisi Penilaian Tes Uraian dan Kinerja
Sekolah : SMP NEGERI 2 P.pidie
Mata Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester : VII/GENAP
Materi Pokok : Belajar Nilai-Nilai dari Puisi Rakyat
No. | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Teknik Penilaian |
1. | 3.14 Menelaah struktur dan kebahasaan puisi rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar. 4.14 Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa. | · Pola pengembangan isi pantun, gurindam, dan syair · · Variasi kalimat perintah, saran, ajakan, larangan dalam pantun · · Menulis puisi rakyat dari objek sekitar yang diamati · · Mendemontrasikan puisi rakyat dalam bentuk demontrasi | KD 3.14 3.14.1 Siswa mampu menyimpulkan ciri umum puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam). 3.14.2 Siswa mampu membandingkan persamaan struktur puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam). 3.14.3 Siswa mampu membandingkan perbedaan struktur puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam). 3.14.4 Siswa mampu mendaftar kata atau kalimat yang digunakan pada puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam). KD 4.14 4.14.1 Siswa mampu menulis puisi rakyat dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan kaidah puisi rakyat 4.14.2 Siswa mampu menyajikan puisi rakyat dalam bentuk musikalisasi. | tes Tertulis kinerja |
2. Instrumen
NO. | NAMA SISWA | KESESUAIAN DENGAN KELENGKAPAN STRUKTUR PANTUN | PILIHAN KATA | KREATIVITAS |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
Rubrik Penskoran kinerja
No. | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | KESESUAIAN DENGAN KELENGKAPAN STRUKTUR PANTUN | 35 |
2 | PILIHAN KATA | 35 |
3 | KREATIVITAS | 30 |
Skor maksimum | 100 |
1. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
· Pembelajaran ulang
· Bimbingan perorangan
b. Pembelajaran Pengayaan
Menyimpulkan nilai-nilai puisi rakyat.
G. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
a. Teks Puisi Rakyat
2. Bahan
a. Kertas karton
b. Kertas hvs sejumlah siswa
3. Sumber Belajar
a. Kemdikbud. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud, halaman 94-104
b. Kemdikbud. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud, halaman 167-193
c. Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
d. Permendiknas No. 50 Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan”.
Mengetahui,
Kepala SMP N 4 Sakti Guru Mata Pelajaran
B.Indonesia
Drs.SURIA M.HARUN A.Md
NIP : 196009141983021001 NIP : 195812311982031099
0 Response to "RPP SMP Materi Pokok : Belajar Nilai-Nilai dari Puisi Rakyat"
Post a Comment