Informasi Lainnya

RPP SMP Materi Pokok : Unsur-Unsur, Kebahasaan, dan Cara Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) Nomor 12

Unsur-Unsur, Kebahasaan, dan Cara Menulis Surat Pribadi 

dan Surat Dinas


Sekolah                        :  SMP NEGERI 4 SAKTI
Mata Pelajaran           :  Bahasa Indoesia
Kelas/Semester           :  VII/Genap
   Materi Pokok             :  Unsur-Unsur, Kebahasaan, dan Cara Menulis Surat Pribadi
    dan Surat Dinas
Alokasi Waktu             :  2X Pertemuan (10 JP)

A.      Kompetensi Inti (KI)
  KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),  santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar
KD-3.12: Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca   dan didengar.
K- 4 12 : Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks,  kebahasaan, dan isi.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi   (IPK)
KD 3.12  

3.12.1 Menelaah isi surat pribadi surat dinas yang dibaca.

 3.12.2 Menentukan  unsur-unsur surat pribadi dan dinas yang dibaca

 KD 4.12
 4.12.2 Menulis surat pribadi
        4.12.2 Menulis surat dinas
   4.12.3 Menentukan kebahasaan surat priadi dan dinas yang telah ditulis peserta didik

D.    Materi Pembelajaran 
1.      Materi pembelajaran reguler
a. Menelaah struktur surat pribadi surat dinas
b.  Menentukan  unsur-unsur surat pribadi dan dinas yang dibaca
c.  Cara menulis surat pribadi
d. Cara menulis surat dinas
       d.  Menentukan kebahasaan surat priadi dan dinas yang telah ditulis peserta   didik

2.      Materi pembelajaran pengayaan

1. Menelaah struktur surat pribadi dan dinas yang dibaca.

 2. Menentukan  unsur-unsur surat pribadi dan dinas yang dibaca
3.  Cara menulis surat pribadi
4.  Cara menulis suratdinas
       5.  Menentukan kebahasaan surat priadi dan dinas yang telah ditulis peserta   didik

3.      Materi pembelajaran remedial

1. Menelaah struktur surat pribadi dan dinas yang dibaca.

 2. Menentukan  unsur-unsur surat pribadi dan dinas yang dibaca
3. Membedakan surat pribadi dan surat dinas
4. Cara menulis surat pribadi
5. Cara menulis surat dinas
       6.  Menentukan kebahasaan surat priadi dan dinas yang telah ditulis peserta   didik


E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan pertama: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Peserta didik dikondisikan oleh guru
2)    Peserta didik diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya.
3)    Peserta didik menerima penyampaikan garis besar cakupan materi dan   kegiatan yang akan dilakukan
 4)    Peserta didik membentuk kelompok yang dipandu oleh guru
5)    Peserta didik menerima surat yang dibagikan guru
                   6) Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu   menelaah struktur surat pribadi dan dinas yang telah dibaca  
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1.      Peserta didik membaca surat yang telah dibagikan guru
2.      Peserta didik menelaah surat pribadi dan dinas dipandu guru.
3.      Peserta didik dibimbing oleh guru menanyakan hal-hal yang terkait dengan surat pribadi dan dinas
4.      Secara berkelompok peserta didik menuliskan hasil telaah struktur surat pribadi dan dinas pada LK yang diberikan guru..
5.      Setiap kelompok, memberikan hasil kerjanya kepada kelompok lain untuk diberikan komentar, kemudian dikembalikan kepada kelompok awal (karya kunjung).  
6.      Peserta didik menyajikan hasil diskusi yang telah dikomentari oleh kelompok lain di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.
7.      Peserta didik menuliskan perbedaan struktur surat pribadi dan dinas.
8.      Secara berkelompok peserta didik menyusun potongan-potongan surat yang dibagikan guru dengan tepat
9.      Secara berkelompok peserta didik menempelkan hasil kerjanya di dinding, kemudian salah satu kelompok memberi komentar terhadap hasil kelompok teman, demikian bergantian (kunjung kerja)

c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1)    Peserta didik bersama guru menyimpulkan tentang struktur surat pribadi dan dinas. 
2)    Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3)    Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran.
4)    Peserta didik menerima tugas dari guru menulis surat pribadi dan dinas
5)    Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

2.                 Pertemuan kedua (2 JP )
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Peserta didik menyampaiakan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab bersama guru.
2)    Peserta didik menerima kompetensi yang akan dicapai, yaitu cara menulis surat pribadi dan dinas.
4)    Peserta didik menerima penyampaian  garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5)    Peserta didik menerima menyampaikan lingkup penilaian, yaitu sikap dan pengetahuan.

b. Kegiatan Inti (60 menit)
1.         Peserta didik membaca surat yang sudah ditulis di rumah.
2.         Peserta didik menanyakan  kebahasaan yang digunakan dalam surat pribadi dan dinas.
3.         Peserta didik menukarkan hasil karyanya kepada teman, kemudian menelaah penggunaan bahasa pada surat tersebut.
4.         Peserta didik menyajikan hasil koreksi teman di depan kelas secara bergantian dan yabg  lain memberi tanggapan atau komentar.

c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1)    Peserta didik difasilitasi guru membuat butir-butir simpulan tentang cara dan telaah bahasa dalam menulis surat..
2)    Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3)    Peserta didik menerima penyampaian umpan balik dalam proses pembelajaran mengenai  cara dan telaah bahasa dalam menulis surat.
5)    Peserta didik menerima penyampaian kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

3. Penilaian
1.      Teknik Penilaian
b.      Penilaian sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
c.       Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
d.      Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.

2.      Instrumen Penilaian
Pertemun Pertama
a.      Instrumen jurnal



Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester     : VII/Genap
Tahun pelajaran    : 2016/2017
‘No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap


























a.      Istrumen jurnal

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester     : VII/Genap
Tahun pelajaran    : 2016/2017

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap





















b.   Instrumen Uraian
Bacalah surat di  bawah ini kemudian telaah struktur dan kebahasaan surat tersebut!

Bandar Lampung, 19 Mei 2016

Untuk Sahabatku Dina
di Bogor

Assalamualaikum. . .

Hay Dina, bagaimana kabarmu di sana? Aku di sini baik-baik saja. Aku berharap kamu dan keluarga di sana juga selalu dalam keadaan sehat. Sudah lama ya kita tidak bertemu? Kalau tidak salah terakhir kita bertemu ketika kita lulus dari SMP dan sekarang kita sudah mau lulus SMA. Pasti kali ini kau sudah bertambah tinggi atau bahkan sudah lebiih tinggi daripadaku. Eh, bagaimana keadaanmu di Bogor? apakah benar yang sering dikatakan bahwa Bogor adalah kota hujan?

Dina, sebenarnya aku menulis surat ini karena akau sangat kangen kepadamu. Aku rindu masa-masa kita bersama, ketika saling menghabiskan waktu dan bercanda, Kapan ya masa-masa itu akan terulang kembali? Dina aku juga ingin mengabarkan kepadamu bahwa setelah lulus dari SMA ini aku akan melanjutkan pendidikanku di Universitas Indonesia. Aku telah lama ingin kuliah di salah satu universitas terbaik di negeri ini. Tolong bantu aku doa ya? Lalu bagaimana denganmu ? Mudah-mudahan kita bisa belajar bersama lagi di sana.

Sudah dulu ya, sampaikan salamku kepada ayah, ibu dan Ara di sana. Aku tunggu kabar darimu dan semoga kita bisa segera bertemu.

Wassalamualaikum . .

Salam Manis,
Sahabatmu

ttd

                                               ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
                                                  SMP NEGERI 1 MERLUNG                      
                                                Jalan Marangin 27 Merlung 40218
                                                          Telepon (022)5403518


Nomor     : 06/OSIS/VIII/2004
      Lampiran : -                                                                                               
      Perihal     : Permohonan


Yth.Kepala SMP 2 Margahayu
              Jalan ketapan 17              
              Bandung

           Assalamualaikum wr.wb                                                            


    Sehubungan dengan berakhirnya, kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS),genap,dengan ini kami , OSIS SMPN 1 Merlung. Ingin melaksanakan pertandingan persahabatan dengan SMPN 2 Margahayu yang bapak pimpin. Ada jenis pertandingan yang akan kami laksanakan adalah sepak bola,volli,dan tenis meja. Lomba- lomba tersebut rencananya akan kami laksanakan pada minggu depan, tepatnya hari senin, 9 Agustus 2016. Mengenai jadwal lomba- lomba tersebut, akan kami kirimkan dalam minggu ini, setelah kami mendapat tanggapan dari Bapak.
      Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan dengan harapan semoga bapak dapat menerima rencana pertandingan persahabatan ini. Atas perhatian Bapak , kami sampaikan terima kasih.


 Wassalam                                                                                                         
                                                                                                                                                           
  Kepala SMP                              Ketua OSIS                       Sekretaris



      Maimunah S.Pd.I                            ALDI WAHYU                    SUCI UTAMI                                                                                
                        
Pedoman Penilaian
Kisi-Kisi Penilaian Tes Uraian dan Kinerja

           Nama Sekolah              :          SMP NEGERI 4 SAKTI
           Kelas/Semester              :          VII/Genap
           Tahun pelajaran            :          2016/2017
            Mata Pelajaran            :          Bahasa Indonesia


No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik
Penilaian
1.









2

. KD-3.12
:  Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
K- 4 12
Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks,  kebahasaan, dan isi.
a.  Menelaah isi surat pribadi surat dinas
b. Menentukan  unsur-unsur surat pribadi dan dinas yang dibaca





c.  Cara menulis surat pribadi
d. Cara menulis surat dinas
 e. Menentukan kebahasaan surat priadi dan dinas yang telah ditulis peserta   didik

1. Menelaah isi surat pribadi surat dinas yang dibaca.

2.  Menentukan  unsur-unsur surat pribadi dan dinas yang dibaca


3.  Menulis surat  pribadi
 4.  Menulis surat dinas
5.  Menentukan kebahasaan surat priadi dan dinas yang telah ditulis peserta   didik

tes uraian




tes uraian





tes tertulis



kinerja

               
Rubrik Penskoran kinerja

No.
Aspek yang Dinilai
Skor

1



Benar 8-9 menelaah srtuktur surat
Benar 6-7 menelaah srtuktur surat
Benar 4-5 menelaah srtuktur surat
    10
    8
    6

2
Benar 8-9 menelaah unsur surat
Benar 6-7 menelaah unsur surat
Benar 4-5 menelaah unsur surat
    10
    8
    6

3
Menulis surat sangat tepat
Menulis surat  tepat
Menulis surat kurang tepat
   10
    8
    6

Skor maksimum
30




1.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
·         Pembelajaran ulang
Menulis bersama surat pribadi dan dinas.
·         Bimbingan perorangan
Menentukan struktur surat pribadi dan dinas
Menentukan unsur-unsur surat pribadi dan dinas
Menentukan perbedaan surat pribadi dan surat dinas
b.         Pembelajaran Pengayaan
   Menulis surat pribadi an dinas

F.     Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar

1.      Media/alat
a.       Surt pribadi dan surat dinas

2.      Bahan
a.       Kertas manila 7 lembar
b.      Kertas post it 7 warna
c.       Kertas hvs sejumlah siswa

3.      Sumber Belajar
a.          Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud, halaman 122 s.d.166
b.         Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
c.          Permendiknas No. 50  Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan”.
      2016


L K 1                                                                                                                    
Bogor, 7 April 2015                                                                          

Untuk sahabtku tersayang
                                                                       
di Bandar Lampung
                                                                               
Shinta
Assalamuaialkum . .
                                                                                       

Hay Shinta, Alhamduliliah aku baik-baik saja di sini. Dan aku bersyukur kabarmu
juga dalam keadaan baik di sana. Kau benar sudah lama kita tidak bertemu
 lagi. Pasti dong aku bertambah tinggi, hhe. Aku sudah tidak sabar untuk bertemu
denganmu. Aku sangat yakin kalau kamu semakin cantik sekarang. Mengenai
kehidupanku di sini, aku sangat betah tinggal di sini. Namun tau tidak? pada awalnya
 aku sulit beradapatasi dengan dinginnya cuaca Bogor, tak heran mereka menyebutnya
 sebagai kota hujan karena hampir setiap hari hujan turun di Bogor.       

Aku juga merindukanmu. Aku kangen suasana di kampung dan semua teman-teman
 di sana. Bahkan semalam aku bermimipi kita sedang main bersama kembali hhee. Oh iya,
 aku punya kabar bagus buatmu. kalau aku sudah diterima oleh Universitas Indonesia
sebagai mahasisswa di jurusan pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia melalui jalur
 prestasi. Aku berkompetisi dengan hampir 500 pendaftar dan aku bersyukur bisa menjadi
peserta yang diterima. Oleh karena itu, kamu harus termotivasi juga untuk masuk di Universitas
yang kau bilang terbaik ini.

Belajar yang giat dan jangan lupa berdoa kepada tuhan agar kau diberikan kemudahan.
 Aku juga akan mendoakanmu disini. Aku tunggu kamu di Universitas Indonesia ya? Semangat.

Saya kira cukup sampai di sini suratku untuk mu. Mamah, papah dan Adek Ara menitip salam
 kepadamu. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

Wassalamuaalikum . .
Sahabatmu,

ttd









LK 1 
                             ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
                                                  SMP NEGERI 1 MERLUNG                      
                                                Jalan Marangin 27 Merlung 40218
                                                          Telepon (022)5403518
Nomor     : 06/OSIS/VIII/2004
      Lampiran : -                                                                                              
      Perihal     : Permohonan


Yth.Kepala SMP 2 Margahayu
              Jalan ketapan 17              
              Bandung

           Assalamualaikum wr.wb                                                            
    Sehubungan dengan berakhirnya, kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS),genap,dengan ini kami , OSIS SMPN 1 Merlung. Ingin melaksanakan pertandingan persahabatan dengan SMPN 2 Margahayu yang bapak pimpin. Ada jenis pertandingan yang akan kami laksanakan adalah sepak bola,volli,dan tenis meja. Lomba- lomba tersebut rencananya akan kami laksanakan pada minggu depan, tepatnya hari senin, 9 Agustus 2016. Mengenai jadwal lomba- lomba tersebut, akan kami kirimkan dalam minggu ini, setelah kami mendapat tanggapan dari Bapak.
      Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan dengan harapan semoga bapak dapat menerima rencana pertandingan persahabatan ini. Atas perhatian Bapak , kami sampaikan terima kasih.


 Wassalam                                                                                                         
                                                                                                                                                    
      Kepala SMP                                    Ketua OSIS                           Sekretaris



  MEGAWATI, S.P                           ALDI WAHYU                    SUCI UTAMI                                                                                 












LK 2         
             Tuliskan perbedaan surat pribadi dengan dinas

NO

UNSUR

SURAT PRIBADI

SURAT DINAS

1







2







        3








4







5






6






7







8







9





LK3


Bandar Lampung, 19 Mei 2016

Untuk Sahabatku Dina
di Bogor

Assalamualaikum. . .

Hay Dina, bagaimana kabarmu di sana? Aku di sini baik-baik saja. Aku berharap kamu dan keluarga di sana juga selalu dalam keadaan sehat. Sudah lama ya kita tidak bertemu? Kalau tidak salah terakhir kita bertemu ketika kita lulus dari SMP dan sekarang kita sudah mau lulus SMA. Pasti kali ini kau sudah bertambah tinggi atau bahkan sudah lebiih tinggi daripadaku. Eh, bagaimana keadaanmu di Bogor? apakah benar yang sering dikatakan bahwa Bogor adalah kota hujan?

Dina, sebenarnya aku menulis surat ini karena akau sangat kangen kepadamu. Aku rindu masa-masa kita bersama, ketika saling menghabiskan waktu dan bercanda, Kapan ya masa-masa itu akan terulang kembali? Dina aku juga ingin mengabarkan kepadamu bahwa setelah lulus dari SMA ini aku akan melanjutkan pendidikanku di Universitas Indonesia. Aku telah lama ingin kuliah di salah satu universitas terbaik di negeri ini. Tolong bantu aku doa ya? Lalu bagaimana denganmu ? Mudah-mudahan kita bisa belajar bersama lagi di sana.

Sudah dulu ya, sampaikan salamku kepada ayah, ibu dan Ara di sana. Aku tunggu kabar darimu dan semoga kita bisa segera bertemu.

Wassalamualaikum . .

Salam Manis,
Sahabatmu


ttd





LK 3


ALAMAT  DAN TANGGAL                                                  ALAMAT  DAN TANGGAL


ALAMAT YANG DITUJU                                                       ALAMAT YANG DITUJU


ALAMAT YANG DITUJU                                                        ALAMAT YANG DITUJU


PARAGRAF PEMBUKA                                                           PARAGRAF PEMBUKA

ISJ                                                                                                ISI

PENUTUP                                                                                  PENUTUP

SALAM  PENUTUP                                                                  SALAM PENUTUP


NAMA DAN TANDATANGAN                                                 NAMA DAN TANDATANGAN



KEPALA SURAT                                                                          KEPALA SURAT

KEPALA SURAT DAN NAMA LEMBAGA                               KEPALA SURAT DAN                      NAMA LEMBAGA



NOMOR , PERIHAL, LAMPIRAN                                             NOMOR , PERIHAL,   LAMPIRAN
                                                   

MENGETAHUI KEPALA SEKOLAH                                MENGETAHUI KEPALASEKOLAH


           Mengetahui,                                                             
Kepala SMP N 4 Sakti                                                                        Guru Mata Pelajaran
                                                                                                                   B.Indonesia



           Drs.SURIA                                                                                         M.HARUN A.Md
NIP : 196009141983021001                                                      NIP : 195812311982031099


0 Response to "RPP SMP Materi Pokok : Unsur-Unsur, Kebahasaan, dan Cara Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel