RPP SMP Materi Pokok : Unsur-Unsur, Kebahasaan, dan Cara Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) Nomor 12
Unsur-Unsur, Kebahasaan, dan Cara Menulis Surat Pribadi
dan Surat Dinas
Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Mata Pelajaran : Bahasa Indoesia
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok : Unsur-Unsur, Kebahasaan, dan Cara Menulis Surat Pribadi
dan Surat Dinas
Alokasi Waktu : 2X Pertemuan (10 JP)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
KD-3.12: Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar.
K- 4 12 : Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD 3.12
3.12.1 Menelaah isi surat pribadi surat dinas yang dibaca.
3.12.2 Menentukan unsur-unsur surat pribadi dan dinas yang dibaca
KD 4.12
4.12.2 Menulis surat pribadi
4.12.2 Menulis surat dinas
4.12.3 Menentukan kebahasaan surat priadi dan dinas yang telah ditulis peserta didik
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran reguler
a. Menelaah struktur surat pribadi surat dinas
b. Menentukan unsur-unsur surat pribadi dan dinas yang dibaca
c. Cara menulis surat pribadi
d. Cara menulis surat dinas
d. Menentukan kebahasaan surat priadi dan dinas yang telah ditulis peserta didik
2. Materi pembelajaran pengayaan
1. Menelaah struktur surat pribadi dan dinas yang dibaca.
2. Menentukan unsur-unsur surat pribadi dan dinas yang dibaca
3. Cara menulis surat pribadi
4. Cara menulis suratdinas
5. Menentukan kebahasaan surat priadi dan dinas yang telah ditulis peserta didik
3. Materi pembelajaran remedial
1. Menelaah struktur surat pribadi dan dinas yang dibaca.
2. Menentukan unsur-unsur surat pribadi dan dinas yang dibaca
3. Membedakan surat pribadi dan surat dinas
4. Cara menulis surat pribadi
5. Cara menulis surat dinas
6. Menentukan kebahasaan surat priadi dan dinas yang telah ditulis peserta didik
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan pertama: 2 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Peserta didik dikondisikan oleh guru
2) Peserta didik diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya.
3) Peserta didik menerima penyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
4) Peserta didik membentuk kelompok yang dipandu oleh guru
5) Peserta didik menerima surat yang dibagikan guru
6) Peserta didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu menelaah struktur surat pribadi dan dinas yang telah dibaca
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1. Peserta didik membaca surat yang telah dibagikan guru
2. Peserta didik menelaah surat pribadi dan dinas dipandu guru.
3. Peserta didik dibimbing oleh guru menanyakan hal-hal yang terkait dengan surat pribadi dan dinas
4. Secara berkelompok peserta didik menuliskan hasil telaah struktur surat pribadi dan dinas pada LK yang diberikan guru..
5. Setiap kelompok, memberikan hasil kerjanya kepada kelompok lain untuk diberikan komentar, kemudian dikembalikan kepada kelompok awal (karya kunjung).
6. Peserta didik menyajikan hasil diskusi yang telah dikomentari oleh kelompok lain di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.
7. Peserta didik menuliskan perbedaan struktur surat pribadi dan dinas.
8. Secara berkelompok peserta didik menyusun potongan-potongan surat yang dibagikan guru dengan tepat
9. Secara berkelompok peserta didik menempelkan hasil kerjanya di dinding, kemudian salah satu kelompok memberi komentar terhadap hasil kelompok teman, demikian bergantian (kunjung kerja)
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Peserta didik bersama guru menyimpulkan tentang struktur surat pribadi dan dinas.
2) Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3) Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran.
4) Peserta didik menerima tugas dari guru menulis surat pribadi dan dinas
5) Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.
2. Pertemuan kedua (2 JP )
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Peserta didik menyampaiakan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab bersama guru.
2) Peserta didik menerima kompetensi yang akan dicapai, yaitu cara menulis surat pribadi dan dinas.
4) Peserta didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5) Peserta didik menerima menyampaikan lingkup penilaian, yaitu sikap dan pengetahuan.
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1. Peserta didik membaca surat yang sudah ditulis di rumah.
2. Peserta didik menanyakan kebahasaan yang digunakan dalam surat pribadi dan dinas.
3. Peserta didik menukarkan hasil karyanya kepada teman, kemudian menelaah penggunaan bahasa pada surat tersebut.
4. Peserta didik menyajikan hasil koreksi teman di depan kelas secara bergantian dan yabg lain memberi tanggapan atau komentar.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Peserta didik difasilitasi guru membuat butir-butir simpulan tentang cara dan telaah bahasa dalam menulis surat..
2) Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3) Peserta didik menerima penyampaian umpan balik dalam proses pembelajaran mengenai cara dan telaah bahasa dalam menulis surat.
5) Peserta didik menerima penyampaian kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.
3. Penilaian
1. Teknik Penilaian
b. Penilaian sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
c. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
d. Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.
2. Instrumen Penilaian
Pertemun Pertama
a. Instrumen jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun pelajaran : 2016/2017
‘No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
a. Istrumen jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun pelajaran : 2016/2017
No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
b. Instrumen Uraian
Bacalah surat di bawah ini kemudian telaah struktur dan kebahasaan surat tersebut!
Bandar Lampung, 19 Mei 2016
Untuk Sahabatku Dina
di Bogor
Assalamualaikum. . .
Hay Dina, bagaimana kabarmu di sana? Aku di sini baik-baik saja. Aku berharap kamu dan keluarga di sana juga selalu dalam keadaan sehat. Sudah lama ya kita tidak bertemu? Kalau tidak salah terakhir kita bertemu ketika kita lulus dari SMP dan sekarang kita sudah mau lulus SMA. Pasti kali ini kau sudah bertambah tinggi atau bahkan sudah lebiih tinggi daripadaku. Eh, bagaimana keadaanmu di Bogor? apakah benar yang sering dikatakan bahwa Bogor adalah kota hujan?
Dina, sebenarnya aku menulis surat ini karena akau sangat kangen kepadamu. Aku rindu masa-masa kita bersama, ketika saling menghabiskan waktu dan bercanda, Kapan ya masa-masa itu akan terulang kembali? Dina aku juga ingin mengabarkan kepadamu bahwa setelah lulus dari SMA ini aku akan melanjutkan pendidikanku di Universitas Indonesia. Aku telah lama ingin kuliah di salah satu universitas terbaik di negeri ini. Tolong bantu aku doa ya? Lalu bagaimana denganmu ? Mudah-mudahan kita bisa belajar bersama lagi di sana.
Sudah dulu ya, sampaikan salamku kepada ayah, ibu dan Ara di sana. Aku tunggu kabar darimu dan semoga kita bisa segera bertemu.
Wassalamualaikum . .
Salam Manis,
Sahabatmu
ttd
Untuk Sahabatku Dina
di Bogor
Assalamualaikum. . .
Hay Dina, bagaimana kabarmu di sana? Aku di sini baik-baik saja. Aku berharap kamu dan keluarga di sana juga selalu dalam keadaan sehat. Sudah lama ya kita tidak bertemu? Kalau tidak salah terakhir kita bertemu ketika kita lulus dari SMP dan sekarang kita sudah mau lulus SMA. Pasti kali ini kau sudah bertambah tinggi atau bahkan sudah lebiih tinggi daripadaku. Eh, bagaimana keadaanmu di Bogor? apakah benar yang sering dikatakan bahwa Bogor adalah kota hujan?
Dina, sebenarnya aku menulis surat ini karena akau sangat kangen kepadamu. Aku rindu masa-masa kita bersama, ketika saling menghabiskan waktu dan bercanda, Kapan ya masa-masa itu akan terulang kembali? Dina aku juga ingin mengabarkan kepadamu bahwa setelah lulus dari SMA ini aku akan melanjutkan pendidikanku di Universitas Indonesia. Aku telah lama ingin kuliah di salah satu universitas terbaik di negeri ini. Tolong bantu aku doa ya? Lalu bagaimana denganmu ? Mudah-mudahan kita bisa belajar bersama lagi di sana.
Sudah dulu ya, sampaikan salamku kepada ayah, ibu dan Ara di sana. Aku tunggu kabar darimu dan semoga kita bisa segera bertemu.
Wassalamualaikum . .
Salam Manis,
Sahabatmu
ttd
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) SMP NEGERI 1 MERLUNG Jalan Marangin 27 Merlung 40218 Telepon (022)5403518 Nomor : 06/OSIS/VIII/2004 Lampiran : - Perihal : Permohonan Yth.Kepala SMP 2 Margahayu Jalan ketapan 17 Bandung Assalamualaikum wr.wb Sehubungan dengan berakhirnya, kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS),genap,dengan ini kami , OSIS SMPN 1 Merlung. Ingin melaksanakan pertandingan persahabatan dengan SMPN 2 Margahayu yang bapak pimpin. Ada jenis pertandingan yang akan kami laksanakan adalah sepak bola,volli,dan tenis meja. Lomba- lomba tersebut rencananya akan kami laksanakan pada minggu depan, tepatnya hari senin, 9 Agustus 2016. Mengenai jadwal lomba- lomba tersebut, akan kami kirimkan dalam minggu ini, setelah kami mendapat tanggapan dari Bapak. Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan dengan harapan semoga bapak dapat menerima rencana pertandingan persahabatan ini. Atas perhatian Bapak , kami sampaikan terima kasih. Wassalam Kepala SMP Ketua OSIS Sekretaris Maimunah S.Pd.I ALDI WAHYU SUCI UTAMI |
Pedoman Penilaian
Kisi-Kisi Penilaian Tes Uraian dan Kinerja
Nama Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun pelajaran : 2016/2017
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No. | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Teknik Penilaian |
1. 2 | . KD-3.12 : Menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar. K- 4 12 Menulis surat (pribadi dan dinas) untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur teks, kebahasaan, dan isi. | a. Menelaah isi surat pribadi surat dinas b. Menentukan unsur-unsur surat pribadi dan dinas yang dibaca c. Cara menulis surat pribadi d. Cara menulis surat dinas e. Menentukan kebahasaan surat priadi dan dinas yang telah ditulis peserta didik | 1. Menelaah isi surat pribadi surat dinas yang dibaca.2. Menentukan unsur-unsur surat pribadi dan dinas yang dibaca 3. Menulis surat pribadi 4. Menulis surat dinas 5. Menentukan kebahasaan surat priadi dan dinas yang telah ditulis peserta didik | tes uraian tes uraian tes tertulis kinerja |
Rubrik Penskoran kinerja
No. | Aspek yang Dinilai | Skor | |
1 | Benar 8-9 menelaah srtuktur surat Benar 6-7 menelaah srtuktur surat Benar 4-5 menelaah srtuktur surat | 10 8 6 | |
2 | Benar 8-9 menelaah unsur surat Benar 6-7 menelaah unsur surat Benar 4-5 menelaah unsur surat | 10 8 6 | |
3 | Menulis surat sangat tepat Menulis surat tepat Menulis surat kurang tepat | 10 8 6 | |
Skor maksimum | 30 | |
1. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
· Pembelajaran ulang
Menulis bersama surat pribadi dan dinas.
· Bimbingan perorangan
Menentukan struktur surat pribadi dan dinas
Menentukan unsur-unsur surat pribadi dan dinas
Menentukan perbedaan surat pribadi dan surat dinas
b. Pembelajaran Pengayaan
Menulis surat pribadi an dinas
F. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
a. Surt pribadi dan surat dinas
2. Bahan
a. Kertas manila 7 lembar
b. Kertas post it 7 warna
c. Kertas hvs sejumlah siswa
3. Sumber Belajar
a. Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud, halaman 122 s.d.166
b. Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
c. Permendiknas No. 50 Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan”.
2016
L K 1
Bogor, 7 April 2015 Untuk sahabtku tersayang di Bandar Lampung Shinta Assalamuaialkum . . Hay Shinta, Alhamduliliah aku baik-baik saja di sini. Dan aku bersyukur kabarmu juga dalam keadaan baik di sana. Kau benar sudah lama kita tidak bertemu lagi. Pasti dong aku bertambah tinggi, hhe. Aku sudah tidak sabar untuk bertemu denganmu. Aku sangat yakin kalau kamu semakin cantik sekarang. Mengenai kehidupanku di sini, aku sangat betah tinggal di sini. Namun tau tidak? pada awalnya aku sulit beradapatasi dengan dinginnya cuaca Bogor, tak heran mereka menyebutnya sebagai kota hujan karena hampir setiap hari hujan turun di Bogor. Aku juga merindukanmu. Aku kangen suasana di kampung dan semua teman-teman di sana. Bahkan semalam aku bermimipi kita sedang main bersama kembali hhee. Oh iya, aku punya kabar bagus buatmu. kalau aku sudah diterima oleh Universitas Indonesia sebagai mahasisswa di jurusan pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia melalui jalur prestasi. Aku berkompetisi dengan hampir 500 pendaftar dan aku bersyukur bisa menjadi peserta yang diterima. Oleh karena itu, kamu harus termotivasi juga untuk masuk di Universitas yang kau bilang terbaik ini. Belajar yang giat dan jangan lupa berdoa kepada tuhan agar kau diberikan kemudahan. Aku juga akan mendoakanmu disini. Aku tunggu kamu di Universitas Indonesia ya? Semangat. Saya kira cukup sampai di sini suratku untuk mu. Mamah, papah dan Adek Ara menitip salam kepadamu. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Wassalamuaalikum . . Sahabatmu, ttd | |
LK 1 ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) SMP NEGERI 1 MERLUNG Jalan Marangin 27 Merlung 40218 Telepon (022)5403518 Nomor : 06/OSIS/VIII/2004 Lampiran : - Perihal : Permohonan Yth.Kepala SMP 2 Margahayu Jalan ketapan 17 Bandung Assalamualaikum wr.wb Sehubungan dengan berakhirnya, kegiatan Ujian Akhir Semester (UAS),genap,dengan ini kami , OSIS SMPN 1 Merlung. Ingin melaksanakan pertandingan persahabatan dengan SMPN 2 Margahayu yang bapak pimpin. Ada jenis pertandingan yang akan kami laksanakan adalah sepak bola,volli,dan tenis meja. Lomba- lomba tersebut rencananya akan kami laksanakan pada minggu depan, tepatnya hari senin, 9 Agustus 2016. Mengenai jadwal lomba- lomba tersebut, akan kami kirimkan dalam minggu ini, setelah kami mendapat tanggapan dari Bapak. Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan dengan harapan semoga bapak dapat menerima rencana pertandingan persahabatan ini. Atas perhatian Bapak , kami sampaikan terima kasih. Wassalam Kepala SMP Ketua OSIS Sekretaris MEGAWATI, S.P ALDI WAHYU SUCI UTAMI | |
LK 2
Tuliskan perbedaan surat pribadi dengan dinas
NO | UNSUR | SURAT PRIBADI | SURAT DINAS |
1 | | | |
2 | | | |
3 | | | |
4 | | | |
5 | | | |
6 | | | |
7 | | | |
8 | | | |
9 | | | |
LK3
Bandar Lampung, 19 Mei 2016 Untuk Sahabatku Dina di Bogor Assalamualaikum. . . Hay Dina, bagaimana kabarmu di sana? Aku di sini baik-baik saja. Aku berharap kamu dan keluarga di sana juga selalu dalam keadaan sehat. Sudah lama ya kita tidak bertemu? Kalau tidak salah terakhir kita bertemu ketika kita lulus dari SMP dan sekarang kita sudah mau lulus SMA. Pasti kali ini kau sudah bertambah tinggi atau bahkan sudah lebiih tinggi daripadaku. Eh, bagaimana keadaanmu di Bogor? apakah benar yang sering dikatakan bahwa Bogor adalah kota hujan? Dina, sebenarnya aku menulis surat ini karena akau sangat kangen kepadamu. Aku rindu masa-masa kita bersama, ketika saling menghabiskan waktu dan bercanda, Kapan ya masa-masa itu akan terulang kembali? Dina aku juga ingin mengabarkan kepadamu bahwa setelah lulus dari SMA ini aku akan melanjutkan pendidikanku di Universitas Indonesia. Aku telah lama ingin kuliah di salah satu universitas terbaik di negeri ini. Tolong bantu aku doa ya? Lalu bagaimana denganmu ? Mudah-mudahan kita bisa belajar bersama lagi di sana. Sudah dulu ya, sampaikan salamku kepada ayah, ibu dan Ara di sana. Aku tunggu kabar darimu dan semoga kita bisa segera bertemu. Wassalamualaikum . . Salam Manis, Sahabatmu ttd |
LK 3
ALAMAT DAN TANGGAL ALAMAT DAN TANGGAL |
ALAMAT YANG DITUJU ALAMAT YANG DITUJU |
ALAMAT YANG DITUJU ALAMAT YANG DITUJU |
PARAGRAF PEMBUKA PARAGRAF PEMBUKA |
ISJ ISI |
PENUTUP PENUTUP |
SALAM PENUTUP SALAM PENUTUP |
NAMA DAN TANDATANGAN NAMA DAN TANDATANGAN |
KEPALA SURAT KEPALA SURAT |
KEPALA SURAT DAN NAMA LEMBAGA KEPALA SURAT DAN NAMA LEMBAGA |
NOMOR , PERIHAL, LAMPIRAN NOMOR , PERIHAL, LAMPIRAN |
MENGETAHUI KEPALA SEKOLAH MENGETAHUI KEPALASEKOLAH |
Mengetahui,
Kepala SMP N 4 Sakti Guru Mata Pelajaran
B.Indonesia
Drs.SURIA M.HARUN A.Md
NIP : 196009141983021001 NIP : 195812311982031099
0 Response to "RPP SMP Materi Pokok : Unsur-Unsur, Kebahasaan, dan Cara Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas"
Post a Comment