RPP SMP Materi Pokok: Surat Pribadi dan Surat Dinas
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) Nomor 11
Surat Pribadi dan Surat Dinas
Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok : Surat Pribadi dan Surat Dinas
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan ( 10 JP)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.11 Mengidentifikasi informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.
4.11 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD 3.11
3.11.1 Pengertian surat pribadi dan surat dinas
3.11.2 Mengidentifikasi isi surat pribadi dan
3.11.2 Peserta didik mampu menentukan informasi isi surat pribadi dan surat dinas
3.11.3 Peserta didik mampu menyimpulkan perbedaan isi surat pribadi dan surat dinas
KD 4.11
4.11.1 Peserta didik mampu membaca surat pribadi dan dinas
4.11.2 Peserta didik informasi isi surat pribadi dan surat dinas
4.11.3 Peserta didik mampu mempersentasekan perbedaan isi surat pribadi dan surat
dinas
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran reguler
1.1.Informasi isi surat pribadi, surat dinas
1.2 Isi surat pribadi dan dinas
1.3 Simpulan isi surat pribadi dan dinas
2. Materi pembelajaran pengayaan
2.1.Informasi isi surat pribadi, surat dinas
2.2 Isi surat pribadi dan dinas
2.3 Simpulan isi surat pribadi dan dinas
2.4 Macam-macam surat Dinas
3. Materi pembelajaran remedial
3.1 Informasi isi surat pribadi, surat dinas
3.2 Isi surat pribadi dan dinas
3.3 Simpulan isi surat pribadi dan dinas
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan pertama: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Peserta didik dikondisikan oleh guru
2) Peserta didik diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya.
3) Peserta didik menerima penyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
4) Peserta didik membentuk kelompok yang dipandu oleh guru
5) Peserta didik menerima surat yang dibagikan guru
6) Peserta didik dipandu guru mengamati kompetensi yang akan dicapai, yaitu menelaah struktur surat pribadi dan dinas yang telah dibaca
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1. Peserta didik menerima teks surat pribadi dan surat
2. Peserta didik menanyakan hal-hal yang terkait dengan isi surat pribadi dan surat dinas
3. Secara berkelompok peserta didik membaca teks surat pribadi dan surat dinas
4. Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan menentukan isi surat pribadi dan surat dinas
5. Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Peserta didikbersama guru menyimpulkan butir-butir pokok tentang informasi surat pribadi dan surat dinas
2) Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3) Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali teks surat pribadi dan surat dinas
4) Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh teks surat pribadi dan surat dinas
5) Peserta didik menerima tugas yang disampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.
6) Peserta didik menerima umpan balikguru dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi penguatan tentang identifikasi dan menyimpulkan isi surat. Pribadi dan dinas.
7) Peserta didik menerima penyampaian kegiatan belajar yang
dikerjakan sebagai PR yaitu buku siswa tentang
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik mengidentifikasi
b. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c. Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.
2. Instrumen Penilaian
Pertemun Pertama
a. Instrumen tertulis
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun pelajaran : 2016/2017
‘No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
a. Istrumen jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun pelajaran : 2016/2017
No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
b. Instrumen Uraian
Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal yang mengikutinya!
Contoh surat pribadi dan dinas
Instrumen Penilaian :
1. Tuliskan pengertian surat pribadi dan surat dinas
2. Identifikasi isi surat pribadi dan dinas
3. Siswa mampu menyimpulkan perbedaan isi surat pribadi dan surat dinas
Pedoman Penilaian
Kisi-Kisi Penilaian Tes Uraian dan Kinerja
Nama Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun pelajaran : 2016/2017
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No. | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Teknik Penilaian |
1. | surat dinas yang dibaca dan didengar pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. 4.11 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan. | 1.Informasi isi surat pribadi, surat dinas Isi surat pribadi dan dinas 2.Simpulan isi surat pribadi dan dinas | 1. Pengertian surat pribadi dan surat dinas 2. mengidentifikasi isi surat pribadi dan 3. siswa mampu menentukan informasi isi surat pribadi dan surat dinas 4. siswa mampu menyimpulkan perbedaan isi surat pribadi dan surat dinas | tes lisan tes tulisan |
Rubrik Penskoran kinerja
No. | Aspek yang Dinilai | Skor | |
1 | Identifikasilah surat di bawah ini Benar semua Terdapat 2-3 kesalahan Terdapat 4-5 kesalahan | 3 2 1 | 3 |
2 | Simpulkanlah surat di bawah ini Benar semua Terdapat 2-3 kesalahan Terdapat 4-5 kesalahan | 3 2 1 | 3 |
Skor maksimum | | 6 |
1. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
· Pembelajaran ulang
· Menyimpulkan bersama surat yang telah dibaca
· Bimbingan perorangan
· Mengidentifikasi isi surat pribadi dan surat dinas yang telah dibaca
b. Pembelajaran Pengayaan
Menyimpulkan surat pribadi dan dinas
G. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
a. Surat pribadi dan dinas
b. Pias kata/kalimat
2. Bahan
a. Kertas manila 5 lembar
b. Kertas post it 5 warna
c. Kertas hvs sejumlah siswa
3. Sumber Belajar
a. Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta:
Kemdikbud, halaman 122 s.d.166
b. Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
c. Permendiknas No. 50 Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan”.
Mengetahui,
Kepala SMP N 4 Sakti Guru Mata Pelajaran
B.Indonesia
Drs.SURIA M.HARUN A.Md
NIP : 196009141983021001 NIP : 195812311982031099
0 Response to "RPP SMP Materi Pokok: Surat Pribadi dan Surat Dinas"
Post a Comment