Informasi Lainnya

RPP SMP Materi Pokok: Surat Pribadi dan Surat Dinas




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) Nomor 11

Surat Pribadi dan Surat Dinas

Sekolah                                :   SMP NEGERI 4 SAKTI
Mata Pelajaran                   :   Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                    :  VII/Genap
Materi Pokok                      :   Surat Pribadi dan Surat Dinas
Alokasi Waktu                    :   2 Pertemuan ( 10 JP)

A.      Kompetensi Inti (KI)
  KI-1        :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  KI-2        : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),  santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar
3.11 Mengidentifikasi  informasi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau   permohonan) dari surat pribadi dan surat dinas yang dibaca dan didengar pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.
4.11 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi   (IPK)
KD 3.11 
3.11.1 Pengertian surat pribadi dan surat dinas
3.11.2 Mengidentifikasi isi surat pribadi dan
3.11.2 Peserta didik mampu menentukan informasi isi surat pribadi dan surat dinas
3.11.3 Peserta didik mampu menyimpulkan perbedaan isi surat pribadi dan surat dinas


KD 4.11
    4.11.1 Peserta didik mampu membaca surat pribadi dan dinas
       4.11.2 Peserta didik informasi isi surat pribadi dan surat dinas
       4.11.3 Peserta didik mampu mempersentasekan perbedaan isi surat pribadi dan surat
                 dinas

D.    Materi Pembelajaran 
1.      Materi pembelajaran reguler
1.1.Informasi isi surat pribadi, surat dinas
1.2  Isi surat pribadi dan dinas
1.3  Simpulan isi surat pribadi dan dinas

2.      Materi pembelajaran pengayaan
2.1.Informasi isi surat pribadi, surat dinas
2.2  Isi surat pribadi dan dinas
2.3  Simpulan isi surat pribadi dan dinas
2.4  Macam-macam surat Dinas

3.      Materi pembelajaran remedial
3.1  Informasi isi surat pribadi, surat dinas
3.2 Isi surat pribadi dan dinas
3.3 Simpulan isi surat pribadi dan dinas



E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan pertama: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Peserta didik dikondisikan oleh guru
2)    Peserta didik diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya.
3)    Peserta didik menerima penyampaikan garis besar cakupan materi dan   kegiatan yang akan dilakukan
 4)    Peserta didik membentuk kelompok yang dipandu oleh guru
5)    Peserta didik menerima surat yang dibagikan guru
 6)   Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu   menelaah struktur surat pribadi dan dinas yang telah dibaca 
      
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1.      Peserta didik menerima teks surat pribadi dan surat
2.      Peserta didik menanyakan hal-hal yang terkait dengan isi surat pribadi dan surat dinas
3.      Secara berkelompok peserta didik membaca teks surat pribadi dan surat dinas
4.      Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan menentukan isi surat pribadi dan surat dinas
5.      Peserta didik menyampaikan  hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.

c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1)    Peserta didikbersama guru menyimpulkan   butir-butir pokok tentang informasi surat pribadi dan surat dinas
2)    Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3)    Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali teks surat pribadi dan surat dinas
4)    Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh teks surat pribadi dan surat dinas
5)    Peserta didik menerima tugas yang disampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.
6)  Peserta didik menerima umpan balikguru dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi penguatan tentang identifikasi  dan menyimpulkan  isi surat. Pribadi dan dinas.
    7)     Peserta didik menerima penyampaian kegiatan belajar yang
dikerjakan sebagai PR yaitu buku siswa tentang

F.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik mengidentifikasi
b.      Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.       Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.

2.      Instrumen Penilaian
Pertemun Pertama
a.      Instrumen tertulis

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester     : VII/Genap
Tahun pelajaran    : 2016/2017

‘No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap


























a.      Istrumen jurnal

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester     : VII/Genap
Tahun pelajaran    : 2016/2017

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap





















b.   Instrumen Uraian
Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal yang mengikutinya!

Contoh surat pribadi dan dinas

Instrumen Penilaian :
1.      Tuliskan pengertian surat pribadi dan surat dinas
2.       Identifikasi isi surat pribadi dan dinas
3.      Siswa mampu menyimpulkan perbedaan isi surat pribadi dan surat dinas

Pedoman Penilaian
Kisi-Kisi Penilaian Tes Uraian dan Kinerja

           Nama Sekolah              :          SMP NEGERI 4 SAKTI
           Kelas/Semester              :          VII/Genap
           Tahun pelajaran            :          2016/2017
            Mata Pelajaran            :          Bahasa Indonesia

No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik
Penilaian
1.
surat dinas yang dibaca dan didengar pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.
4.11 Menyimpulkan isi (kabar, keperluan, permintaan, dan/atau permohonan) surat pribadi dan surat dinas yang dibaca atau diperdengarkan.
1.Informasi isi surat pribadi, surat dinas
Isi surat pribadi dan dinas
2.Simpulan
isi
surat pribadi dan dinas


1. Pengertian surat pribadi dan surat dinas
2. mengidentifikasi isi surat pribadi dan
3.  siswa mampu menentukan informasi isi surat pribadi dan surat dinas
4.  siswa mampu menyimpulkan perbedaan isi surat pribadi dan surat dinas
tes lisan



tes tulisan















Rubrik Penskoran kinerja

No.
Aspek yang Dinilai
Skor

1



Identifikasilah surat di bawah ini
Benar semua
Terdapat 2-3 kesalahan
Terdapat 4-5 kesalahan
3
2
1
3
2
Simpulkanlah  surat di bawah ini
Benar semua
Terdapat 2-3 kesalahan
Terdapat 4-5 kesalahan
3
2
1
3
Skor maksimum

6

1.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
·         Pembelajaran ulang
·         Menyimpulkan bersama surat yang telah dibaca
·         Bimbingan perorangan
·         Mengidentifikasi isi surat pribadi dan surat dinas yang telah dibaca
b.         Pembelajaran Pengayaan
   Menyimpulkan  surat pribadi dan dinas

G.  Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Media/alat
a.       Surat pribadi dan dinas
b.      Pias kata/kalimat

2.      Bahan
a.       Kertas manila 5 lembar
b.      Kertas post it 5 warna
c.       Kertas hvs sejumlah siswa

3.      Sumber Belajar
a.       Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta:
Kemdikbud, halaman 122 s.d.166
b.      Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
c.       Permendiknas No. 50  Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan”.

           Mengetahui,                                                             
Kepala SMP N 4 Sakti                                                      Guru Mata Pelajaran
                                                                                                  B.Indonesia



           Drs.SURIA                                                                          M.HARUN A.Md
NIP : 196009141983021001                                      NIP : 195812311982031099

















0 Response to "RPP SMP Materi Pokok: Surat Pribadi dan Surat Dinas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel