Informasi Lainnya

RPP SMP Materi Pokok : Membaca Buku Fiksi dan Non Fiksi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) Nomor 9

Membaca Buku Fiksi dan Non Fiksi


Sekolah                       :  SMP NEGERI 4 SAKTI
Mata Pelajaran          :  Bahasa Indoesia
Kelas/Semester          :  VII/Genap
Materi Pokok             :  Membaca Buku Fiksi dan Non Fiksi
Alokasi Waktu           :  4 Pertemuan (10 JP)

A.      Kompetensi Inti (KI)
   KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),  santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
 KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar
3.9 Menemukan unsur-unsur dari buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca.
4.9 Membuat peta pikiran/sinopsis tentang isi buku nonfiksi/buku fiksi yang dibaca..

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi   (IPK)
KD 3.9  
3.9.1  Peserta didikMemilih hasil bacaan dari buku nonfiksi yang dilakukan sebelumnya
3.9.2  Membaca lagi buku yang dibawa secara garis besar, untuk mengecek unsure-unsur buku yang pernah dibaca
3.9.3  Peserta didik  diminta bertanya tentang cara mengubah data hasil bacaan menjadi rangkuman berupa peta pikiran atau rangkuman gagasan pokok
3.9.4 Peserta didik membaca secara indifidu untuk mengali informasi sebanyak-banyaknya tentang cara merangkum.
3.9.5 Peserta didik menyimpulkan langkah merangkum dengan peta pikiran dan gagasan utama

KD 4.9
4.9.1        Peserta didik membaca catatan hasil rangkuman yang dibuat
4.9.2        Peserta didik diminta bertanya tentang cara mengomentari buku non fiksi
4.9.3        Peserta didik membaca secara indifidu untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang cara membuat komentar
4.9.4        Peserta didik membaca beragam komentar terhadap buku non fiksi
4.9.5        Peserta didik menyimpulkan unsure-unsur yang dapat dikomentari pada buku

D.    Materi Pembelajaran 
1.      Materi pembelajaran reguler
a. hasil bacaan buku nonfiksi
b. unsure-unsur buku nonfiksi
c. rangkuman atau peta pikiran
d. langkah langkah merangkum
e. cara membuat komentar buku non fiksi
d.Contoh komentar terhadap buku non fiksi

2.      Materi pembelajaran remedial
a. hasil bacaan buku nonfiksi
b. unsure-unsur buku nonfiksi
c. rangkuman atau peta pikiran
d. langkah langkah merangkum
e. cara membuat komentar buku non fiksi
d.Contoh komentar terhadap buku non fiksi

3.      Materi pembelajaran pengayaan
  1. a. hasil bacaan buku nonfiksi
  2. b. unsure-unsur buku nonfiksi
  3. c. rangkuman atau peta pikiran
  4. d. langkah langkah merangkum
  5. e. cara membuat komentar buku non fiksi
  6. d.Contoh komentar terhadap buku non fiksi

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan pertama: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Peserta didik secara berantai membaca puisi berjudul Ilmu-Mu ( hal : 124)
2)  Peserta didik mengamati gambar keindahan  hutan mangrove dan mengajak siswa untuk mengagumi kebesaran Tuhan melalui keindahan ciptaan-Nya.
3)    Peserta didik diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya.
3)    Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu menentukan ciri tujuan dan isi teks laporan hasil observasi.
4)    Peserta didik menerima penyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5)    Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian

b. Kegiatan Inti (100 menit)
1.      Peserta didik ditunjukkan model teks laporan hasil observasi tentang “Hutan Mangrove”
dipandu guru.
2.      Peserta didik menanyakan hal-hal yang terkait tentang ciri teks; perbedaan  tanggapan deskripsi dengan teks laporan hasil observasi.
3.      Secara berkelompok peserta didik membaca teks laporan hasil observasi yang berbeda yang telah disediakan.
4.      Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan ciri tujuan dan  isi , dan bahasa teks laporan hasil  observasi.
5.      Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.


c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1)    Peserta didik bersama guru menyimpulkan   butir-butir pokok tentang laporan hasil observasi.
2)    Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3)    Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali teks laporan hasil observasi.
4)    Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh teks laporan hasil observasi di majalah, koran, atau di buku.
5)    Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

2.                 Pertemuan kedua (3 JP )
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Peserta didik menyampaiakan penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab bersama guru.
2)    Peserta didik menerima kompetensi yang akan dicapai, yaitu ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
4)    Peserta didik menerima penyampaian  garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5)    Peserta didik menerima menyampaikan lingkup penilaian, yaitu sikap dan pengetahuan.

b. Kegiatan Inti (100 menit)
1.         Peserta didik ditunukkan oleh guru model teks laporan hasil observasi tentang hutan mangrove hal : 127.
2.         Peserta didik menanyakan ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
3.         Secara berpasangan peserta didik membaca teks laporan hasil observasi yang berbeda yang telah disediakan.
4.         Secara perpasangan, peserta didik mendiskusikan ciri tujuan dan  isi , dan bahasa teks laporan hasil  observasi.
5.         Peserta didik menyajikan hasil diskusi di depan kelas secara bergantian dan pangan lain memberi tanggapan atau komentar.

c.  Kegiatan Penutup (10 menit)
1)    Peserta didik difasilitasi guru membuat butir-butir simpulan tentang lapporan hasil observasi.
2)    Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3)    Peserta didik menerima penyampaian umpan balik dalam proses pembelajaran mengenali teks laporan hasil observasi.
4)    Peserta didik menerima tugas dari guru tentang  tugas teks laporan hasil observasi di majalah, koran, atau di buku.
5)    Peserta didik menerima penyampaian kegiatan pembelajaran pertemuan
        berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

3Pertemuan ketiga: 3 JP
a.     Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)   Peserta didik diajak guru  mengamati keunikan dan keindahan fauna melalui tayangan video.
2)   Peserta didik mengajak guru merenungkan keagungan Tuhan melalui ciptaan-Nya dan mengajak peserta didik untuk mencintai dan menjaga kelestarian flora dan fauna Indonesia.
3)   Peserta didik menerima peyampaikan tujuan pembelajaran membaca teks laporan hasil opservasi.
4)   Peserta didik menerima penyamaian cakupan materi dan menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan ditempuh.
5)   Peserta didik bersama guru menyepakati penilaian yang akan digunakan yaitu kinerja dengan menyepakati rubrik  yang akan digunakan untuk menilai.

b. Kegiatan Inti (100 menit)
1)        Secara berkelompok, peserta didik membaca teks hasil observasi yang berbeda yang telah disediakan guru.
2)        Secara berkelompok, peserta didik mendaftar dan mendiskusikan informasi alam teks laporan hasil observasi.
3)      Secara berkelompok, peserta didik merinci isi teks laporan hasil observasi  (bagian definisi/ klasifikasi laporan hasil observasi.
4)      Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.

c.   Kegiatan Penutup (10 menit)
1)    Peserta didik difasilitasi guru didik membuat butir-butir simpulan tentang teks laporan hasil observasi
2)    Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran.
3)    Peserta didik menerima umpan balikguru dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi penguatan tentang  teks laporan hasil observasi.
4)    Peserta didik menerima penyampaian kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu menentukan  gagasan pokok pada teks laporan hasil observasi yang terdapat pada buku siswa
5)    Peserta didik menerima  aparesiasi terhadap hasil kerja kelompok terbaik dengan cara yang bisa memotivasi peserta didik.

3.  Pertemuan keempat (3 JP)
a.     Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
    1)     Peserta didik dipandu guru bertanya jawab  tentang kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dengan melakukan tanya jawab.
2)    Peserta didik menerima penyampaian  kompetensi yang akan dicapai, yaitu ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
4)    Peserta didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
    5)     Peserta didik bersama guru penilaian yang akan digunakan yaitu kinerja dengan menyepakati rubrik  yang akan digunakan untuk menilai.

b. Kegiatan Inti (100 menit)
1.     Peserta didik membaca teks hasil observasi berjudul “Manggis”  hal : 134  yang terdapat pada buku siswa.
2.   Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan   gagasan pokok setiap paragraf  pada teks laporan hasil observasi yang dibaca.
3.   Secara berkelompok, peserta didik menemukan informasi-informasi penting yang terdapat pada teks laporan observasi yang dibaca.
4.   Peserta didik menyimpulkan isi  teks laporan hasil observasi.
5.   Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.

c.   Kegiatan Penutup (10 menit)
1)    Peserta didik difasilitasi guru membuat butir-butir simpulan
2)    Peserta didik bersama-sama guru didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran.
3)    Peserta didik menerima  umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara memberi penguatan tentang  teks laporan hasil observasi.
4)    Peserta didik menerima penampaian kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang terdapat pada LKS..
5)    Peserta didik menrima  aparesiasi dar guru hasil kerja kelompok terbaik dengan cara yang bisa memotivasi peserta didik.

F.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b.      Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.       Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.

2.      Instrumen Penilaian
Pertemun Pertama
a.      Instrumen jurnal

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester     : VII/Genap
Tahun pelajaran    : 2016/2017

‘No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap


























a.      Istrumen jurnal

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester     : VII/Genap
Tahun pelajaran    : 2016/2017

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap





















b.   Instrumen Uraian
Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal yang mengikutinya!

KUNANG-KUNANG

               Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan oleh “sinar dingin” yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah. Terdapat lebih dari 2000 spesies kunang-kunang yang tersebar di daerah tropis di seluruh dunia.
                Habitat kunang-kunang di tempat-tempat lembab, seperti rawa- rawa dan daerah yang dipenuhi pepohonan. Kunang-kunang bertelur pada saat hari gelap, telur-telurnya yang berjumlah antara 100 dan 500 butir diletakkan di tanah, ranting, rumput, di tempat berlumut atau di bawah dedaunan. Pekuburan yang tanahnya relatif gembur dan tidak banyak terganggu merupakan lokasi ideal perteluran kunang-kunang. Pada umumnya, kunang-kunang keluar pada malam hari, namun ada juga kunang-kunang yang beraktivitas di siang hari. Mereka yang keluar siang hari ini umumnya tidak mengeluarkan cahaya.
3.      Seperti ciri-ciri serangga pada umumnya badan kunang-kunang dibagi menjadi tiga bagian: kepala, thorax, dan perut (abdomen).  Serangga bercangkang keras (exoskeleton) untuk menutupi tubuhnya. Panjang badannya sekitar 2 cm. Bagian tubuh kunang-kunang  hampir seluruhnya berwarna gelap dan berwarna titik merah pada 138 Kelas VII SMP/MTs bagian penutup kepala. Warna kuning pada bagian penutup sayap, berkaki enam, dan bermata majemuk. Jenis kunang-kunang beragam. Pemeliharaan kunag-kunang dapat dilakukan dengan penangkaran. Dari sejarah asalnya, kunang-kunang berasal dari daratan Cina
4.      Makanan kunang-kunang adalah cairan tumbuhan, siput-siputan kecil, cacing, atau serangga. Bahkan kunang-kunang  memangsa jenisnya sendiri. Kunang-kunang betina  sengaja berkelap-kelip seakan mengudang jenis pejantan. Setelah pejantan mendekat, sang betina memangsanya. Makanan bagi hewan penting untuk pertumbuhan. Dengan makanan pertumbuhan akan maksimal. Asupan yang maksimal dapat memberikan kebugaran bagi mahluk hidup.
5.      Cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang tidak berbahaya, malah tidak mengandung ultraviolet dan inframerah. Cahaya ini dipergunakan kunang-kunang untuk memberi peringatan kepada pemangsa bahwa kuang-kunang tidak enak dimakan dan untuk menarik pasangannya. Keahlian mempertontonkan cahaya tidak hanya dimiliki oleh kunang-kunang dewasa, bahkan larva. Kunang-kunang salah satu jenis serangga unik bukti kebesaran Sang Pencipta. Species kunang-kunang juga kekayaan yang dianugerahkan kepada negara kita sebagai salah satu negara tropis.

Instrumen Penilaian :
1.      Tentukanlah ciri, tujuan, isi,dan bahasa laporan hasil observasi !
2.      Tentukan informasi   isi, kalimat definisi,  kalimat untuk    klasifikasi, kalimat    rincian  dalam     teks   laporan hasil   observasi!
 3.  Tentukan laporan hasil observasi    gagasan utama masing-masing  paragraf
                   4.   Simpulkanlah teks laporan   hasil observasi.






Pedoman Penilaian
Kisi-Kisi Penilaian Tes Uraian dan Kinerja

           Nama Sekolah              :          SMP NEGERI 4 SAKTI
           Kelas/Semester             :          VII/Genap
           Tahun pelajaran            :          2016/2017
           Mata Pelajaran              :          Bahasa Indonesia


No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik
Penilaian
1.
 3.7  Mengidentifikasi informasi dari   teks laporan hasil observasi berupa buku  pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.






4.7   Menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi yang berupa buku pengetahuan yang dibaca dan didengar.


Ciri tujuan isi, dan bahasa laporan Hasil Observasi
Informasi isi
laporan Hasil Observasi




Laporan hasil Observasi


Menulis laporan

1.Tentukan ciri   
   tujuan dan  isi , dan
   bahasa teks laporan
    hasil  observasi!
2. Tentukanlah informasi
    isi, kalimat definisi,  
    kalimat untuk   
    klasifikasi, kalimat
    rincian  dalam teks
    laporan hasil
     observasi!
3. Tentukalah gagasan  
    pokok setiap paragraf    
    laporan  hasil bservasi!    
   
4. Simpulkanlah teks    
    laporan    hasil observasi!


tes uraian



tes uraian






tes uraian



kinerja

                   

Rubrik Penskoran kinerja

No.
Aspek yang Dinilai
Skor

1



Benar ketiga unsur ciri ( tujuan, isi, bahasa)
Benar dua unsur ciri
Benar satu unsur ciri
    3
    2
    1
3
2
Benar menentukan informasi isi
Benar klasifikasi
Kalimat rinci
    1
    1
    1
3
3
Benar mengungkapkan  bagian difinisi
Benar mengungkapkan  bagian klasifikasi
Benar mengungkapkan deskripsi bagian
    2
    2
    2
6
4
Benar mengungkapkan ide pokok masing-masing paragraf   paragraph
0-4
4
Menentukan gagasan utama

0-4

4
Skor maksimum

20

3.        Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
·         Pembelajaran ulang
Menulis bersama bagian-bagian teks laporan hasil observasi.
·         Bimbingan perorangan
Penentuan gagasan utama
Penentuan gagasan penunjang
Penentuan gagasan utama

b.         Pembelajaran Pengayaan
   Menyimpulkan  teks laporan hasil observasi

G.  Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Media/alat
a.       Teks laporan hasil observasi rumpang
b.      Pias kata/kalimat


2.      Bahan
a.       Kertas manila 5 lembar
b.      Kertas post it 5 warna
c.       Kertas hvs sejumlah siswa

3.      Sumber Belajar
a.          Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud, halaman 122 s.d.166
b.         Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
c.          Permendiknas No. 50  Tahun 2015. “Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan”.
d.       https://carapedia.com/tempat_wisata_alam_jawa_barat_info1888.html, diunduh 26 Januari 2016





           Mengetahui,                                                             
Kepala SMP N 4 Sakti                                                      Guru Mata Pelajaran
                                                                                                  B.Indonesia



           Drs.SURIA                                                            M.HARUN A.Md
NIP : 196009141983021001                                      NIP : 195812311982031099


0 Response to "RPP SMP Materi Pokok : Membaca Buku Fiksi dan Non Fiksi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel