RPP SMP Materi Pokok : Mengomentari Buku Fiksi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) Nomor 10
Mengomentari Buku Fiksi
Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/Genap
Materi Pokok : Mengomentari Buku Fiksi
Alokasi Waktu : 4 Pertemuan (10 JP)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
KI-4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.10 Menelaah unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi
4.10 Menyajikan tanggapan terhadap isi buku fiksi/nonfiksi yang dibaca
C. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD 3.10
3.10.1 Siswa mampu menelaah unsur-unsur buku fiksi
3.10.2 Siswa mampu menelaah unsur-unsur buku nonfiksi
KD 4.10
4.10.1 Siswa mampu menulis peta pikiran/rangkuman alur tentang isi buku fiksi yang dibaca
4.10.2 Siswa mampu memberikan tanggapan terhadap isi buku yang dibaca
4.10.2 Siswa mampu mempresentasikan isi buku fiksi yang dibaca
D. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran reguler
a. Unsur-unsur buku fiksi
b. Unsur-unsur buku nonfiksi
c. Peta pikiran/rangkuman alur tentang isi buku fiksi
d. Komentar terhadap isi buku fiksi
2. Materi pembelajaran remedial:
a. Unsur-unsur buku fiksi
b. Unsur-unsur buku fiksi
c. Peta pikiran/rangkuman alur tentang isi buku fiksi
d. Komentar terhadap isi buku fiksi
3. Materi pembelajaran pengayaan: sikap kerja keras, kejujuran dan tanggung jawab dari tokoh fiksi yang dibaca.
E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan pertama: 3 JP
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1) Peserta didik berdoa sebelum belajar
2) Peserta didik diajak tanya jawab tentang manfaat dari membaca buku.
3) Peserta didik diajak tanya jawab untuk mengatahui penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
4) Peserta didik menerima penyampaian tujuan , garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
5) Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian
b. Kegiatan Inti (100 menit)
1. Peserat didik diminta memilih hasil bacaan dari buku fiksi yang telah dibacanya
2. Peserta didik membaca lagi buku yang dibawa secara garis besar.
3. Peserta didik mengecek unsur-unsur buku yang telah dibaca.
4. Peserta didik bertukar tugas dengan temannya
5. Peserta didik mengoreksi hasil kerja temannya
6. Seorang peserta didik mempresentasekan hasil koreksiannya.
7. Peserta didik menanggapi persentase temannya.
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1) Peserta didik bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok tentang unsur-unsur buku.
2) Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
4) Peserta didik menerima tugas dari guru untuk membaca kembali buku yang sudah dianalisis unsur-unsurnya.
5) Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
6) Peserta didik mengumpulkan tugas yang telah dikerjakannya.
7) Doa dan salam
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian sikap sikap sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik penugasan.
2. Instrumen Penilaian
Pertemun Pertama
a. Instrumen jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap
Nama Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun pelajaran : 2016/2017
‘No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
a. Istrumen jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun pelajaran : 2016/2017
No | Waktu | Nama Siswa | Catatan Perilaku | Butir Sikap |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
| | | | |
b. Instrumen Penilaian
Identifikasilah secara sistematis unsur-unsur buku fiksi yang telah kamu baca!
Pedoman Penilaian
Kisi-Kisi Penilaian Tes Uraian dan Kinerja
Nama Sekolah : SMP NEGERI 4 SAKTI
Kelas/Semester : VII/Genap
Tahun pelajaran : 2016/2017
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No. | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Teknik Penilaian |
1. | 3.10.1 Siswa mampu menelaah unsur-unsur buku fiksi | Menelaah unsur-unsur fiksi | 3.10 3.10.1 Siswa mampu menelaah unsur-unsur buku fiksi | Penugasan |
Rubrik Penskoran kinerja
No. | Aspek yang Dinilai | Skor | |
1 | Unsur-unsur buku 1. Siswa menjawab dengan benar tujuh unsur 2. Siswa menjawab dengan benar enam unsur 3. Siswa menjawab dengan benar lima unsur 4. Siswa menjawab dengan benar empat unsur 5. Siswa menjawab dengan benar tiga unsur 6. Siswa menjawab dengan benar dua unsur 7. Siswa menjawab dengan benar satu unsur 8. Jawaban siswa tidak ada yang benar | 7 6 5 4 3 2 1 0 | |
Skor maksimum | 7 | |
Skor yang didapat
Skor maksimal
1. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang berupa pembelajaran menelaah unsur-unsur buku fiksi
b. Pembelajaran Pengayaan
menelaah unsur-unsur buku fiksi yang berbeda dengan buku pada tatap muka
G. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
a. LCD
b. Buku fiksi
2. Bahan
a. Kertas karton
b. Spidol
3. Sumber Belajar
Kemdikbud. …Bahasa Indonesia …Kelas VII. Jakarta: Kemdikbud, halaman 276 s.d.281
Mengetahui,
Kepala SMP N 4 Sakti Guru Mata Pelajaran
B.Indonesia
Drs. SURIA M.HARUN A.Md
NIP : 196009141983021001 NIP : 195812311982031099
0 Response to "RPP SMP Materi Pokok : Mengomentari Buku Fiksi"
Post a Comment